Moqtada Sadr versus Nuri Maliki

Basrah menjadi medan tempur terbuka. Sejak beberapa hari terakhir ‘Daerah hijau’ yang dikuasai Amerika di Baghdad dilempari  mortir dan roket. Sadr City dibombardir oleh pesawat tempur dan helikopter tentara Amerika. Ketegangan antara milisi Mahdi pimpinan Motqtada Sadr dan tentara Permerintah yang didukung tentara Amerika dan sekutu kian memuncak.

 

Seruan Nuri Maliki agar milisi Mahdi melepaskan senjata pun tak digubrisnya.

 

Sebagaiman dilaporkan oleh aljazeera, Nuri Maliki menyalahkan diri sendiri ats peristiwa ini karena selama ini dia bersikap lunak terhadap milisi Mahdi. Karena sikap lunak itu, milis Mahdi makin berani melancarkan serangan terhadap tentara Amerika dan Inggris di Basrah dan Baghadad.

 

Saking eksalnya, Maliki, yang bermazhab Syiah, menganggap milisi Mahdi lebih berbahaya dari al-Qaeda.

 

Meski menyedihkan, konflik Moqtada yang anti AS  dan Nuri Maliki (yang didukung AS) menjadi bukti nyata bahwa konflik yang sebennarnya sedang berlangsung di Irak bukan antara Muslim Syiah dan Muslim Sunni.   

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 comments

  1. Bravo pasukan Mahdi, dan mereka telah menunjukkan sebagai muslim sejati, yang tidak pernah berkompromi dengan musuh-musuh Islam. Bagaimana dengan kita sebagai orang Muslim yg ada di Indonesia, apakah kita sudah memetakan musuh2 Islam, ataukah kita sudah dikuasai oleh mereka??????

  2. “Meski menyedihkan, konflik Moqtada yang anti AS dan Nuri Maliki (yang didukung AS) menjadi bukti nyata bahwa konflik yang sebennarnya sedang berlangsung di Irak bukan antara Muslim Syiah dan Muslim Sunni.”

    Ini yang HARUS dan HARUS lebih DITEKANKAN!!!
    Selama berabad lamanya Sunni-Syiah di Iraq tak pernah bentrok. Yang menyebabkan terjadinya musibah ini adalah adu domba si setan besar yang dengan licik mensupport segelintir orang yang memiliki keinginan rapuh demi tujuan besarnya sendiri. Ini adalah satu bukti nyata lagi. Bersatulah umat Islam!!! Bersatulah umat Islam!!!

    BUKAN BARAT BUKAN TIMUR
    BUKAN SUNNI BUKAN SYI’I
    ISLAM ADALAH ISLAM

    ISLAM YANG BERSATU!!!

  3. Saya masih ingat kata2 Ayatullah Murtadha Al-Muqtadaei (Khorbagon Rahbari,Iran)…seandainya nabi itu diutus dalam kelumpuk yg banyak(plural)..maka mereka tidak akan berselisih atau berpecah..kerana semuanya menuju suatu titik Al-Haq. Dalam al-quran juga kita diingatkan dgn bahaya2 fitnah serta hawa nafsu..dan juga sejarah2 Fir’aun vs Musa. ini jelas masalah yg ketara adalah masyarakat yg KURANG MAYANG sehingga mampu diadu domba terlepas siapa pun dia atau keluaran universitas mana pun juga. Jauh sekali dari masalah mazhab….ini suatu pengajaran buat kita…dan antara syarat zuhurnya imam Mahdi adalah ketika kita siap aqliyan wa fi’lian..zahiran wa batinan

  4. aduh pusing euy…….saya tidak melihat itu syiah vs syiah dan sunni vs sunni atau syiah vs sunni. tapi saya melihat kepentingan dalam kelompok atau golongan para pejuang……

    semoga tidak sampai terjadi pertempuran atau pembantaian antar mazhab atau multi mazhab atau lebih ringkasnya sesama MUSLIM..

News Feed