MUI : Facebook Dijamin Halal

Ijtima 700 ulama Jawa Timur soal fatwa haram situs jejaring sosial, Facebook, dimentahkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat. MUI menilai, tidak ada alasan mendasar untuk dikeluarkan fatwa haram jika jejaring sosial ini mengandung banyak manfaat bagi umat.

“Kalau lebih banyak manfaat untuk orang lain seperti untuk berdakwah, menyambung tali slaturrahmi, kenapa harus diharamkan?” ujar Ketua MUI, Cholil Ridwan, saat dikonfirmasi okezone, Senin (25/5/2009).

Chalil mengaku, sejauh ini MUI pusat belum menerima laporan dari masyarakat yang dirugikan akibat adanya situs ini.

“Biasanya kalau ada sesuatu yang meresahkan masyarakat, kami dapat aduannya dan kalau memang mencurigakan kami langsung mengadakan kajian,” sambungnya.

Sebagai lembaga pembuat fatwa, kata dia, MUI tidak akan sembarangan membuat fatwa.

“Saya kira semua tergantung bagaimana orang memakai dan memaknainya, ibaratnya pisau itu kan bisa buat motong kambing dan bisa juga buat bunuh orang, jadi tergantung orangnya, kalau lebih banyak menimbulkan kebaikan, kenapa tidak?” tandasnya.(okezone)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 comments

  1. Saat MUI mengeluarkan Fatwa Haram untuk ”Merokok dan Golput”, di tanggapi dingin bahkan tidak di dengar oleh beberapa Ulama di Jatim. Gantian deh saat Ulama Jatim ‘bikin’ fatwa mengenai Facebook MUI ‘balas’ dengan santai ”Gak haram tuh….!”

  2. semua harus di timbang manfaat dan mazoroynya pagi ini saya mendengar radio rri, iran akan atau sudah melarang jejaring facebook karena akan disalah gunakan pilpres bulan juni mendatang kita tunggu komentar ustadz muhsin

  3. kalau di Iran katanya facebook juga diharamkan dan ternyata ditutup. Kalau ini fatwa rahbar apa mukalidnya di Indonesia juga harus melakukan?

    Saya juga nggak suka facebook karena terlalu bikin hidup terlalu dipublished, sehingga susah untuk punya alter ego lagi karena semuanya dibongkar oleh teman-teman yang nge-tag. Lalu ada yang ngomentarin, ngomongin, ngegosipin dan lain-lain. Tapi dari facebook, saya kontak lagi dengan teman2 lama saya yang hilang. Ini tentu sangat bagus untuk silaturahmi.

    ML: Apa kbr? Lama tak muncul neh…

  4. mbojok !!!! FB saya susah banget dibuka sekarang….lemot sanasini..jangan2 udah di protect !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

News Feed