Obama Serukan Agar Dunia Selamatkan Israel dari Iran


Calon Presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat, Barack Obama, pada Senin waktu setempat (Selawas WIB), menyerukan peningkatan tekanan diplomatik terhadap Iran sebelum Israel “merasa terpojok”.


Obama mengemukakan hal itu guna menanggapi pertanyaan seorang wartawan yang dikutip Xinhua dan AFP, apakah Israel akan membom tempat nuklir Iran suatu saat pada tahun ini, selama persinggahan kampanye Obama di Iowa.


Tanpa jawaban langsung, Obama mengatakan dirinya “terikat komitmen untuk memperketat ikatan secara diplomatik atas Iran” segera setelah ia terpilih sebagai presiden, sebelum Israel merasa bahwa “punggungnya menyentuh dinding”.


Ia mengakui, posisi Israel untuk tidak membiarkan Iran memiliki senjata nuklir.


Iran yang memiliki senjata nuklir akan menjadi “pengubah permainan bagi wilayah tersebut”, sehingga memungkinkan Republik Islam itu untuk “mencampuri melalui wakil musuh, mencampuri urusan di Irak dan mengancam pasokan minyak”, kata calon dari partai Demokrat tersebut di hadapan sebanyak 250 pemilih pada suatu pertemuan di Davenport, Iowa.


Obama menggaris-bawahi bahwa Israel, “salah satu sekutu paling kuat kita di dunia”, merasa sangat terancam mengingat janji yang disampaikan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad untuk menghapuskan negara Yahudi itu dari peta dunia.


“Jadi tugas saya sebagai presiden nantinya ialah berusaha memastikan bahwa kita akan memperketat ikatan atas Iran secara diplomatik … untuk memberlakukan sanksi sehingga Iran mulai membuat perhitungan yang berbeda,” kata Senator dari Illionis itu.


“Dan kita harus melakukan itu sebelum Israel merasa punggungnya menyentuh dinding,” kata Obama –yang telah mengundang keraguan pemilih Yahudi mengenai komitmennya untuk membela Israel.


Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak, Rabu, mengatakan pemerintah Presiden AS George W. Bush saat ini menentang serangan militer terhadap instalasi nuklir Iran.

“Posisi kami ialah tak ada pilihan yang akan diangkat dari meja, tapi untuk sementara kita harus membuat kemajuan diplomatik,” kata Obama kepada stasiun radio militer.


Obama menyatakan ia percaya bahwa perasaan umum di Israel ialah kita takkan membiarkan Iran memiliki senjata nuklir.


Para pemimpin Israel merasa “tak ada pilihan militer yang bagus” tapi juga tak dapat diterima untuk membiarkan Iran memiliki senjata atom.


Obama dan pesaingnya dari partai Republik, John McCain, mendukung peningkatan tekanan atas Iran, tapi Obama juga ingin meningkatkan kontak bilateral.

McCain menentang kontak semacam itu, dan mengatakan bahwa cara terbaik untuk menangani masalah Iran ialah melalui kerjasama dengan sekutu AS. (antara)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 comments

  1. aha….akhir semakin lama semakin jelas…
    sedari awal saya selalu mengatakan jgn terlalu banyak berharap
    apalagi harapan semu dari sepenggal nama yg tdk memiliki korelasi dengan maknanya….

  2. ….sehingga memungkinkan Republik Islam itu untuk “mencampuri melalui wakil musuh, mencampuri urusan di Irak dan mengancam pasokan minyak”, …

    Entah dimana posisi Obama sebenarnya kalo melihat kata-kata di post pa ustaz yang mengatakan “Terikat komitmen”. Secara diplomatis Barrack Obama hari ini dalam pidato kampanye presidency nya mengatakan akan mengakhiri ketergantungan minyak kepada Timur tengah dan akan secara intenstif mengembangkan energi alternatif.

    Ia juga mengatakan akan menghalangi program pengembangbiakan Nuklir namun menekankan akan menggunakan cara diplomasi terhadap Iran, dan bukan ‘hard talk’ yang sering digunakan BUSH administration.

    Saya mgkn lbh sedikit optimis kalo dibandingkan John McCain yang
    secara religius memiliki kedekatan khusus dengan “Christian Zionisme” dan “evangelican”

    We’ll see….

  3. Salam.
    Mau obama ke, Mc cain ke.. mau demokrat atau Republik.. Amerika tetaplah Amerika yang akan berteman baik dengan Isreal, eh Yahudi. (kan kita gak mengakui negara isareal ada!!!)

  4. amerika sekarang adalah amerika yang akan hancur seperti uni sovyet,kalau pemimpinnya adalah berhaluan perang,yang menggap islam itu teroris yang harus diperangi .

  5. menurut saya ada yang lebih meranni dari Bush , ahmaminejad yang memecahkan mitos tentang holoucous, dan membuktikan bahwa israel di bangun dengan penuh kebohongan ,dan kezaliman ,kekejian.

  6. dasar obama,dasar amerika dasar setan…. sama saja dengan senior-senior n pendahulunya kerjaannya cuma mau campurin urusan negra lain, manjaain negara tuyul seperti israel, kalo mau serang iran yah serang jangan hanya gertak sambal dodol….. loh kira iran itu takut ama gertak n ancaman mu, dasar amerika negara pengecut

News Feed