Skip to main content

Obama: setiap nyawa adalah berharga?!

By June 26, 200910 Comments

Barack Obama yang pilu dan marah kemarin mengecam tindakan pemerintah Iran dalam menangani aksi protes pendukung Mousavi. Kepedihan hatinya begitu dalam oleh setiap kematian dari orang-orang yang tewas dalam kerusuhan di Iran. Obama pun memperingatkan, “Kami ingatkan kepada pemerintah Iran, setiap nyawa adalah berharga.” (saya bertaruh ini tidak termasuk 8 anggota Basij yang juga tewas!!!)

Tentu akan selalu ada pertanyaan, apa yang akan Obama katakan tentang mereka yang meregang nyawa di Irak dan Afghanistan? Atau 50 orang Pakistan (sebagian besar warga sipil) yang terbunuh baru-baru ini karena serangan pesawat tanpa awak AS (sejak 2006 rata-rata 38 orang setiap bulannya terbunuh di Pakistan akibat serangan pesawat tanpa awak AS)? Bagaimana Obama menjelaskan ini?

Obama mungkin tidak punya penjelasan, tapi George Orwell punya? Sastrawan-jurnalis yang memiliki pengaruh besar terhadap kesusastraan Inggris ini, dalam novel legendarisnya Animal Farm, mewariskan satu idiom Inggris terkenal yang bisa menjelaskan apa yang dikatakan Obama di atas: “all animals are equal, but some animals are more equal than others”. Dengan idiom itu, Orwell ingin mengatakan secara satiris bahwa, kesetaraan eksis dalam teori dan retorika tapi tidak dalam praktik.

Dalam kasus Obama, kita bisa mengatakan, “all victims are equal, but some victims are more equal than others”. Semua korban adalah sama (begitu kata Obama: setiap nyawa adalah berharga), tapi sebagian korban lebih memadai ketimbang yang lain. (jemala gemala)