Omar, Memang Menyeramkan

Setelah Katherina, Gustav, dan Ike, kini giliran Omar yang menebar ketakutan dan diprediksi akan mengancam banyak nyawa. Omar memang menyeramkan.

Topan Omar kemarin menghantam Kepulauan Virgin dan menimbulkan hujan lebat serta angin kencang berkecepatan 120 mil per jam. Ini terjadi setelah Omar menguat menjadi badai kategori tiga dan membidik ke arah Puerto Riko.

Para pejabat memperingatkan kemungkinan bahaya setelah badan ramalan cuaca mengatakan badai tersebut bisa terus menimbulkan hujan lebat di Kepulauan Virgin serta Kepulauan Northern Leeward. “Hujan itu bisa menimbulkan banjir bandang dan longsor,” demikian bunyi peringatan dari badan topan nasional (National Hurricane Center/NHC) di Amerika Serikat.

Semua kegiatan umum dan penerbangan komersial di Puerto Riko telah dibatalkan. Gubernur Anibal Acevedo Vila juga sudah memerintahkan sekolah dan galangan kapal ditutup untuk menghadapi topan yang memburuk. Tim penyelamat telah membangun 18 tempat perlindungan di bagian timur pulau yang diperkirakan menjadi daerah perlintasan topan. (*/AFP/I-1)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed