Partai Para Mantan

Tak bisa disangkal, popularitas seseorang amat menentukan dalam pemilihan umum legislatif 2009 nanti. Maka tak heran, banyak partai merekrut sejumlah artis atau orang beken memperkuat barisan calon legislatif mereka.

Demikian pula yang dilakukan oleh Partai Hanura pimpinan mantan Menko Polkam Wiranto. Informasi yang diperoleh Persda Network, Senin (4/8), sejumlah nama beken ada dalam daftar bakal calon legislatif partai. Ada artis, mantan pejabat, juga kader pindahan dari partai lain.

Sebut saja AS Hikam, mantan Menristek era pemerintahan KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang akan maju sebagai caleg untuk Provinsi Jawa Timur. Pengacara kondang yang dikenal dekat dengan keluarga Cendana, Elsa Syarief yang akan mengadu nasib menjadai calon wakil rakyat untuk Provinsi Lampung.

“Hanura melakukan ekstra ketat kepada mereka-mereka yang akan ditempatkan sebagai calon wakil rakyat. Tidak bisa sembarangan begitu saja yang kita usung sebagai wakil Hanura di DPR nanti,” ujar salah seorang Sekjen DPP Partai Hanura sekaligus Sekertaris Badan pemenangan Pemilu (Bappilu), Saleh Husein, kepada Persda Network, Senin.

Nama lainya, ada mantan Gubernur PTIK Faroek Muhammad serta Wakil Gubernur NTB TB Rayes. Istri Ketua Umum Hanura, Uga Wiranto untuk Provinsi Gorontalo, kemudian artis Gusti Randa yang akan mencoba peruntungan sebagai wakil rakyat untuk Provinsi Sumatera Barat.

Konglomerat, pemilik Inti Fauzi, Fauzi Hamid, serta artis Anwar Fuadi untuk calon wakil rakyat Provinsi Sumatera Selatan. Mantan Sekda Rajab Sumandawai untuk Provinsi Sumatera Utara. Mantan kader Golkar yang sempat hijrah ke PAN, kini salah seorang petinggi Hanura, Fuad Bawazier, caleg untuk Provinsi Banten.

Ada juga mantan Gubernur Kalimantan Tengah JH Nihin yang sedianya akan ikut serta meramaikan bursa calon wakil rakyat. Artis lawas Mutiara Sani juga ikut dicalonkan. Kemudian, ada purnawirawan TNI Jendral Suaidy Marassabesy untuk Provinsi Maluku, mantan Kapuspenkum Kejaksaan Agung Suhandoyo yang sedianya akan mencoba peruntungan sebagai calon wakil rakyat untuk Provinsi Pekanbaru, Riau.

“Semua calon anggota legislatif Partai Hanura terlebih dahulu kita lakukan uji kelayakan. Semuanya sudah di brain wash sehingga memiliki kesamaan konseptual Hanura. Kami, memang banyak belajar dari kesalahan yang diterapkan oleh Golkar selama ini,” papar Saleh Husein yang juga akan ikut bursa calon wakil rakyat untuk Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) ini. (kompas)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed