Pembantaian Gaza Masuki Hari ke4, Dunia Makin Murka terhadap Israel

Sejak Israel menyerang Gaza tiga hari lalu, protes anti-Israel terjadi di segala penjuru dunia, terutama di negara-negara Muslim dan dunia Arab. Bahkan, beberapa negara telah menggalang bantuan dana dan tenaga sukarela untuk membantu perjuangan rakyat Palestina dalam menghadapi Israel.

Ribuan warga Iran didampingi para pejabat pemerintah dan militer bersama-sama turun ke jalanan dan memprotes serangan Israel, Senin (29/12). Banyak yang membawa spanduk bertuliskan ”Israel harus dihapuskan dari muka bumi” dan ”Kita harus bangkit, bersatu bersama-sama menghancurkan Israel”. Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, pun mengajak kaum Muslim di dunia untuk menghukum bangsa Israel.

Selain memberikan dukungan, Iran juga mengirimkan tenaga sukarela untuk melawan Israel. Perekrutan tenaga sukarela dari Iran mulai dilakukan kelompok pelajar garis keras.

Ratusan warga Irak pun melakukan protes anti-Israel di Baghdad dan salah satu kota Syiah, yakni Kufa. Para pengikut tokoh radikal yang anti-AS, Moqtada al-Sadr, turun ke jalanan kota Sadr City dan membakar bendera Israel. Pemerintah Irak juga secara resmi mengecam serangan Israel yang dianggap keterlaluan dan tak berperikemanusiaan itu.

Situasi yang sama juga terlihat di Beirut, Lebanon. Puluhan ribu pendukung Hezbollah protes segera setelah pemimpin Hezbollah, Hassan Nasrallah, mengajak warga Muslim di seluruh dunia untuk bangkit dan menunjukkan solidaritas kepada rakyat Gaza.

Protes anti-Israel juga terjadi di negara-negara lain, seperti Jordania, Suriah, Mesir, Inggris, Spanyol, Perancis, Turki, Swedia, dan Denmark. Di beberapa negara terjadi bentrokan antara polisi dan pemrotes. Bendera Israel dan AS terlihat dibakar di depan Kedutaan Besar AS. Protes yang semula damai berubah rusuh di Inggris. Belasan orang ditahan polisi.(antara)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 comments

  1. Salam ustadz, sumber berita yang diambil dari referensi mana? Kok istilah yang digunakan di dalamnya kurang simpatik???

    ML: Masa’? Diambil (dengan pemotongan) dari antara

News Feed