Pemimpin Al-Qaeda di Irak Ditangkap

Pemimpin Al-Qaeda di Irak, Abu Ayyub al-Masri ditangkap di utara kota Mosul, kata Juru Bicara Menteri Pertahanan Irak hari Kamis (8/5) kemarin. Berita tentang penangkapan itu juga dilaporkan oleh televisi Irak.


“Pemimpin operasi militer Ninevah menginformasikan bahwa pasukan Irak telah menangkap pemimpin Al-Qaeda Irak Abu Hamza al-Muhajir,” kata al- Askarai kepada The Associated Press melalui sambungan telepon, Jumat (9/5/2008).


Sayang, dia tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai penangkapan tersebut dan kapan pemimpin Al-Qaeda itu ditangkap.


Menurut sebuah laporan yang belum bisa dikonfirmasi, pemimpin Al-Qaeda itu ditangkap pada Kamis malam di wilayah Tayran di Mosul tengah, sekitar 225 mil di barat laut Baghdad. Kota Mosul saat ini menjadi pusat pertempuran utama antara pasukan Amerika Serikat dan Al-Qaeda.


Al-Masri mengambil alih kepemimpinan Al-Qaeda di Irak setelah Abu Musab al-Zarqawi tewas pada 7 Juni 2006 dalam sebuah serangan udara di Timur Laut Baghdad.


Pejabat AS mengatakan al-Masri bergabung dengan kelompok ekstrim di bawah pimpinan orang nomor dua di Al-Qaeda. Dia kemudian mengikuti pelatihan di camp Al-Qaeda di Afganistan pada tahun 1999 dan dilatih sebagai ahli bom mobil sebelum akhirnya dia pindah ke Irak setelah AS memimpin invasi pada tahun 2003.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed