Pencuri 1 Donat Dituntut 30 Tahun

Semahal-mahalnya donat, paling berapa sih harganya? Namun gara-gara ngutil 1 potong donat, Scott Masters terancam bui 30 tahun.

Pria 41 tahun itu ketahuan menyembunyikan 1 kue donat di balik bajunya di sebuah toko kue di Farmington, Minnesota, AS. Lalu dia mendorong seorang wanita pekerja toko yang mencoba menghentikan langkahnya.

Nah, yang jadi masalah bukanlah aksi mencuri 1 donat, melainkan aksi pendorongan itu. Penegak hukum setempat menyatakan bahwa mendorong masuk kategori penyerangan kecil yang bisa dikenai dakwaan melakukan perampokan dengan kekerasan. Demikian dilansir ananova.

Pelaku kejahatan ini terancam hukuman 5 hingga 15 tahun penjara. Namun karena Masters pernah melakukan tindak kejahatan sebelumnya, jaksa menuntutnya 30 tahun penjara.

Masters mengakui dia mencuri donat itu namun menyangkal telah menyerang seorang pegawai toko.

“Perampokan dengan kekerasan? Untuk satu donat? Itu tidak mungkin. Tak mungkin saya mendorong seorang wanita untuk satu donat,” ujar Masters dari balik terali besi. Masters bahkan mengaku tidak bisa merasakan kelezatan donat itu karena dia buru-buru melemparkannya saat dia kabur dari TKP.

Kepala Polisi Farmington Rick Baker menyatakan, hukum negara bagian itu mengancam pengutil barang dagangan dan penyerangan sebagai pencurian dengan pemberatan tak peduli bagaimana tingkat kekerasan yang dilakukan dan nilai dari barang yang dicuri itu.

“Ini bukan soal donat, ini soal penyerangan,” ujar Baker.  (nrl/mly/detikcon, 10/10/2007)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

  1. Dinegara yg mengklaim sebagai kampium demokrasi hukum memang jadi produk ekonomi tak peduli berapa banyak perasaan keadilan yang terzalimi, dalam banyak kasus hukum ada anekdot yg sering menghampiri ketika dua orang berlainan negeri menyikapi sebuah lampu merah, orang dari paman sam mengajak segera berlari karena tak ada polisi sedang orang jepang mencoba bertahan menunggu izin lampu hijau karena hukum harus ditaati ? Dalam banyak hasil kajian produk hukum indonesia yg eropa daratan carut marut karena implikasi cara pandang yang melihat hukum seperti dalam case ini ketika sindikat berkley menduduki singasana republik ini…

News Feed