PERILAKU BERBASIS AKAL SEHAT

Menjadi manusiawi tak perlu rajin mendalami ilmu agama atau mempelajari tasawuf. Akal sehat cukup. Berikut sebagian produknya:

1. Menyebut dengan cemooh binatang atau apapun yang bermakna penghinaan adalah penghinaan. Menyebut dengan cemooh orang lain yang diketahui tak akan membalas dengan cemooh sepadan adalah penindasan dengan penghinaan.

2. Menyuruh bawahan melakukan perbuatan sulit yang tak mungkin ditolaknya adalah penindasan dan eksploitasi.

3 Menyuruh bawahan melakukan perbuatan sulit yang tak mungkin ditolaknya dengan tujuan menghukummya atau memerasnya atau mengendalikannya bila gagal adalah penindasan, eksploitasi dan keculasan.

4. Menggunjing dan bersangka buruk adalah pesta kanibal.

5. Menggunjing seseorang karena mengetahui keburukannya adalah menyebarkan keburukan yang boleh jadi telah ditebusnya dengan kebaikan dan taubat.

6. Menggunjing seseorang karena menduga keburukannya adalah memfitnahnya atas keburukan yang mungkin tak dilakukannya.

7. Meminta sesuatu dengan dalih meminjam adalah dusta dan penipuan.

8. Merendahkan dan mempermalukan orang lain dengan dalih bercanda adalah penindasan dan pembunuhan karakter.

9. Mengaku tak mampu melakukan tindakan berguna bagi banyak orang karena ingin meraih pahala rendah hati adalah dusta dan lari dari tanggungjawab.

10. Mengaku mampu melakukan tindakan berdampak luas yang tak dikuasainya demi menyenangkan orang lain adalah dusta.

11. Menjawab pertanyaan yang tidak diajukan kepadanya adalah agresi. Mengajukan pertanyaan kepada orang yang dipastikan tidak mengetahuinya adalah mempermalukannya.

12. Memperlakukan anak-anak secara secara diskriminatif karena alasan subjektif dan tak logis adalah investasi sifat sombong kepada yang diistimewakan dan mencetak karakter pendengki atau inferior kepada yang disisihkan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed