Pesan Natal Ahmadinejad: Yesus Menentang Penindasan

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad menyampaikan pesan Natal dalam pidatonya yang ditayangkan sebuah stasiun televisi Inggris, Kamis (25/12).

Dalam pesannya, Ahmadinejad menyebut, “Jika Yesus hidup saat ini maka dia akan menentang penindasan dan kekuatan ekspansi.” Media-media Barat melaporkan pernyataan Ahmadinejad bernada sindiran itu rupanya ditujukan bagi AS dan sekutu-sekutunya.

Pidato Ahmadinejad menandai perayaan Natal disiarkan stasiun televisi Channel4 yang biasa menyediakan slot tayangan kontroversial pada Natal. Itu dimaksudkan untuk menyeimbangi pesan Natal yang biasa disampaikan Ratu Elizabeth II. Namun, sebuah kelompok Yahudi Inggris menilai pesan Ahmadinejad itu “menjijikkan”.

Menurut transkrip yang dirilis, Rabu (24/12), Ahmadinejad mengatakan, sebagian besar masalah di dunia bersumber dari para pemimpin yang menyimpang dari agama. Dalam pidatonya, Ahmadinejad tidak menyebut nama seseorang atau negara-negara musuh atau Israel, meskipun ia berulang kali menyampaikan ambisinya untuk menghapus Israel dari muka bumi.

“Jika Kristus ada di bumi hari ini, tidak diragukan lagi dia akan menegakkan keadilan dan menyayangi umat untuk menentang penghasut perang, pendudukan, teroris, dan penindasan di muka bumi,” kata Ahmadinejad dalam terjemahan bahasa Inggris berdasarkan pidato yang ia sampaikan dalam bahasa Persia. Tayangan televisi itu akan disertai teks terjemahan.

AS, Inggris, dan Israel menuduh Iran mengembangkan senjata nuklir. Namun, Iran menegaskan, program nuklirnya hanya untuk kepentingan proyek sipil.

Badan Perwakilan Yahudi Inggris menilai tayangan itu ofensif. “Mengundangnya untuk menyampaikan pesan Natal, meskipun disebut sebagai salah satu alternatif, membuat saya jijik,” kata presiden badan itu, Henry Grunwald. Duta Besar Israel untuk Inggris mengecam pesan Natal Ahmadinejad sebagai “pesan niat baik palsu”.

Channel4 pernah mengundang sejumlah tokoh dalam slot Natal. Termasuk Pendeta Jesse Jackson, Sharon Osborne, dan tokoh animasi televisi Marge Simpson. Tahun lalu, pesan Natal disampaikan Sersan Mayor Andrew Stockton, seorang tentara Inggris yang luka parah dalam perang di Afghanistan.

Kepala Bidang Pemberitaan Channel4 Dorothy Byrne mengatakan, Ahmadinejad dipilih karena hubungan Iran dengan dunia Barat tetap akan menjadi isu global pada 2009. “Sebagai pemimpin salah satu negara paling kuat di Timur Tengah, pandangan-pandangan Presiden Ahmadinejad sangat berpengaruh. Saat kita menghadapi masa kritis dalam hubungan internasional, kami menawarkan pandangan-pandangan sebagai sebuah pandangan alternatif dunia,” katanya.

Channel4 pernah mewawancarai Ahmadinejad pada September 2007, ketika dia menegaskan bahwa Iran tidak mengembangkan senjata nuklir. (Kompas, Kamis, 25 Desember 2008 | 10:46 WIB)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

  1. Ya Allah, sgrkan kehancuran kezaliman dan penindasan berkat cahaya Al-Husen (as) di bln Muharram 1430 H.

    Ass, Bpk/Ibu yg ingin nyaksikan film kartun perang di Karbala sdh seri (1-11), perang antara cucu Rasulullah saw Imam Husein (as) dan pasukannya dengan pasukan Yazid bin Muawiyah, klik disini:
    http://ifadah2.multiply.com

    Ingin nyaksikan lebih lengkap tentang Asyura dan Karbala, video, audio+animasi, dan foto2 perjuangan pengikut Ahlul bait Nabi saw, klik disini:
    http://islampraktis.multiply.com

News Feed