Pesisir Selatan Jawa Timur Rawan Gempa

Masyarakat yang bermukim di sepanjang pesisir selatan pulau Jawa, khususnya Jawa Timur untuk mewaspadai dan siaga penuh terhadap munculnya tsunami. Selain di Jawa Timur, wilayah yang juga menjadi ancaman adalah Pulau Bali.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo menyatakan, pesisir selatan Jawa Timur dan Bali masuk dalam zona bahaya yang berpotensi tsunami. Sebab diwilayah tersebut terdapat patahan panjang mulai dari Sumatera.

Peringatan Soekarwo itu beralasan, sebab sebelumnya pakar geologi dari LIPI, Danny Hilman Natawidjaja, mengatakan bahwa terjadinya gempa di Aceh dan Sumatera Utara pada 26 Desember 2004, gempa Jogyakarta pada 27 Mei 2006 dan Gempa Padang yang terjadi pada 30 Septenber 2009 kemarin, memicu patahan di Samudera Indonesia.

Adanya patahan itu diperkirakan bakal terjadi gempa dahsyat berkekuatan lebih dari 8 Skala Richter yang berpotensi Tsunami.

Prediksi yang sama dilakukan peneliti gempa Prof Kerry Sieh dari Nanyang Technology University (NTU) Singapura. Profesor Kerry memiliki catatan gempa dan patahan yang terjadi di selatan Jawa selama 12 tahun. Jika tekanan terhadap patahan semakin tinggi, bisa jadi memicu gempa yang mencapai 8,8 SR.

Itu sebabnya Gubernur Jawa Timur Soekarwo minta pada seluruh kabupaten/kota di Jatim melakukan siaga bencana melalui early warning system atau sistem peringatan dini.

“Saya minta seluruh kabupaten/kota di Jatim, khususnya di wilayah selatan agar melakukan antisipasi gempa melalui sistem peringatan dini. Antisipasi itu bisa dilakukan dengan menyiapkan masyarakat melakukan langkah-langkah darurat jika terjadi gempa,” kata Soekarwo Senin 5 Oktober 2009. (vivanews)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 comments

  1. Gempa dimana-mana…. mengapa ?
    Dimana hati kita…..dimana?
    Mungkinkah tidak terjadi gempa… mungkin?
    Bagaimana ?….Bagaimana?….
    Bagaimana? ….Ya bagaimana kita mengusahakannya…
    Mengusahakan apa?….Mengusahakan sesuatu yang sulit diusahakan.
    Sebetulnya gampang diusahakan…tapi kembali hati yang sulit mengusahakan. apaan sih….
    apaan-apaan …..Rawatlah Bumi beserta isinya… gampang kok…gampang kan…?!?!? ya gampang. Jawa Timur kita serahkan aja kepada Tuhan…aman kok…

  2. gan Abadalaa ga bersyukur atas rahmat tuhan yang sudah menciptakan bumi ini , saya selaku Badan Reaksi Pertahanan atas penanggulangan gempa di indonesia bisa menilai Jawa Timur dapat bisa lebih baik lagi nantinya .

    Regards
    Tim Pertahanan Jawa Timur

News Feed