Skip to main content

Polling: Bush, Presiden AS Terburuk Sepanjang Sejarah

By December 27, 20113 Comments

binbush.jpg

Meski Australia adalah sekutu terdekat AS, namun sebagian besar penduduknya menilai George W Bush adalah presiden AS terburuk sepanjang sejarah.

Pendapat itu mengemuka dalam polling yang disponsori Medical Association for the Prevention of War (MAPW). Polling itu dirilis menyusul rencana kedatangan Bush ke negeri kanguru tersebut.

Polling itu menggambarkan, sebanyak 52 persen peserta polling menilai Bush adalah presiden terburuk, 32 persen tidak sependapat dengan hal itu dan sisanya tidak berkomentar.

“Orang Australia tidak anti-Amerika. Mereka hanya anti kebijakan Bush, utamanya tentang invasi ke Irak,” ujar jubir MAPW, Robert Marr, seperti dilansir AFP, Selasa (4/9/2007).

PM John Howard, pendukung kuat Bush dan kebijakannya tentang Irak, dinilai keliru menyatakan menentang Bush berarti menentang kebijakan persekutuan Australia dengan AS.

“Tidak seperti itu. Orang Australia bisa membedakan perbedaan antara presiden yang kurang baik dan orang Amerika yang baik,” ujar Marr.

Bush dijadwalkan tiba di Sydney malam nanti setelah melakukan kunjungan mengejutkan di Irak. Serangkaian demonstrasi akan menyambut Bush di Sydney yang disponsori oleh Stop Bush Coalition.

Pengamanan Sydney saat ini diperketat menyusul akan digelarnya pertemuan Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) akhir pekan ini. Bush akan hadir di hari pertama pertemuan APEC sebelum terbang kembali ke Washington. “Saya suka dia. Dia pintar,” puji PM Howard. (Sumber: detikcom)