PREVIEW KAJIAN LOGIKA PANDANGAN DUNIA (Bagian 1)

PENGHAMBAAN PREMATUR

Banyak orang mengira ibadah dan doa sesuai agama anutannya sebagai satu-satunya cara yang benar dalam menyembah dan memohon Tuhan, dan karenanya, yakin bahwa Tuhan telah dan akan membalas ibadahnya dengan kasihNya dan memenuhi doanya untuk keselamatannya dari petaka.

Padahal faktanya:
1. Banyak pula orang penganut agama lain juga beribadah dan berdoa juga yakin bahwa ibadahnya telah diterima dan dengan kasihNya dan bahwa doanya telah dipenuhi dengan perlindungan sesuai cara beribadah dan berdoa agama anutannya yang diyakini sebagai satu-satunya ajaran yang benar dari Tuhan.
2. Banyak pula orang yang merasa beriman kepada Tuhan tidak beribadah dan tidak berdoa, merasa hidup aman seraya karena perlindungan Tuhan.
3. Banyak pula orang yang tidak menyembah Tuhan dan tidak memohon perlindungan dariNya bahkan tak mengimani agama apapun sebagai ajaranNya namun yakin bisa hidup aman dan selamat dengan usaha maksimal sesuai standar prevensi.
4. Banyak pula orang yang tak menyembah Tuhan dan tak mengimani agama sebagai ajaranNya yakin bisa hidup aman dan selamat dengan kewaspadaan optimal.
5. Banyak pula orang yang merasa tak mengimani Tuhan karena tak bisa mengenaliNya dan tidak bisa memastikan keberadaanNya dengan pengetahuan inderawinya, hidup dalam keselamatan meski tak merasa dilndungi oleh Tuhan karena tak mengimaniNya.
6. Banyak pula orang tak berdoa dan beribadah, (karena tak beragama) dan tak meminta perlindungan kepada Tuhan (karena menafikan wujud Tuhan, karena memastikan realitas hanyalah alam bendawi yang hanya dikenali dengan indera) merasa hidup dalam keamananan dan keselamatan.

Kesimpulannya, sebelum beribadah sebagai pengamalan sebuah ajaran agama, pastikan agama itu adalah pilihan logis, bukan buah ketelanjuran.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed