Skip to main content

Provokasi Jumblat Menuai Kritik Banyak Aliansi Oposisi Libanon

By January 28, 2012One Comment

oun.jpg

Telivisi Satelit Al-Alam melaporkan, pidato agitatif Ketua Partai Progresif Demokratik, Walid Jumblat, dalam Peringatan 1 Tahun terbunuhnya Rafik Hariri, yang mengancam dengan ‘perang saudara’ dan pertempuran, menuai banyak kritik.

Ketua Aliansi Perubahan dan Reformasi dalam Parlemen Libanon, Mayor Jenderal Michele Oun dalam sebuah konfrensi pers mengkirtik pernyataan provokatif Jumblat seraya menganggapnya sebagai upaya menciptakan perecahan bangsa Libanon. Menurutnya, krisis Libanon adalah krisis kepercayaan rakyat atas Pemerintah, bukan karena campur tangan Iran maupun Suriah. Karena itu, ancaman Jumblat, menurutnya akan menambah volume ketidakpercayaan ini.

Sementara itu, Ketua Faksi Penyatuan Libanon, Wiam Wahhab, juga menganggap pernyataan Jumblat adalah hasil rekayasa pihak pemerintah yang berusaha menjadikan peringatan setahun terbunuh Rafiq Hariri sebagai ajang untuk mengais simpati. Menurutnya, pernyataan Jumblat harus ditanggapi dengan kepala dingin. Namun, bila Jumblat menepati janjinya untuk mengajak perang kelompok oposisi, maka hal itu tidak akan disambut secara proporsional.

Hizbullah sejauh ini belum memberikan tanggapan resmi atas pernyataan kasar Jumblat. Diduga, Hizbullah ingin memberikan kesempatan kepada aliansi oposisi untuk berinisiatif demi membuktikan bahwa krisis di Libonon tidak bersifat sektarian.