Provokasi Jumblat Menuai Kritik Banyak Aliansi Oposisi Libanon

oun.jpg

Telivisi Satelit Al-Alam melaporkan, pidato agitatif Ketua Partai Progresif Demokratik, Walid Jumblat, dalam Peringatan 1 Tahun terbunuhnya Rafik Hariri, yang mengancam dengan ‘perang saudara’ dan pertempuran, menuai banyak kritik.

Ketua Aliansi Perubahan dan Reformasi dalam Parlemen Libanon, Mayor Jenderal Michele Oun dalam sebuah konfrensi pers mengkirtik pernyataan provokatif Jumblat seraya menganggapnya sebagai upaya menciptakan perecahan bangsa Libanon. Menurutnya, krisis Libanon adalah krisis kepercayaan rakyat atas Pemerintah, bukan karena campur tangan Iran maupun Suriah. Karena itu, ancaman Jumblat, menurutnya akan menambah volume ketidakpercayaan ini.

Sementara itu, Ketua Faksi Penyatuan Libanon, Wiam Wahhab, juga menganggap pernyataan Jumblat adalah hasil rekayasa pihak pemerintah yang berusaha menjadikan peringatan setahun terbunuh Rafiq Hariri sebagai ajang untuk mengais simpati. Menurutnya, pernyataan Jumblat harus ditanggapi dengan kepala dingin. Namun, bila Jumblat menepati janjinya untuk mengajak perang kelompok oposisi, maka hal itu tidak akan disambut secara proporsional.

Hizbullah sejauh ini belum memberikan tanggapan resmi atas pernyataan kasar Jumblat. Diduga, Hizbullah ingin memberikan kesempatan kepada aliansi oposisi untuk berinisiatif demi membuktikan bahwa krisis di Libonon tidak bersifat sektarian.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

  1. Assalamualaikum

    Walid Jumblat adalah pemimpin madhab Druse di Lebanon. Madhab Druse di Lebanon adalah pencahan dari madhab Imam Jafar Shodiq. Organisasi Hizbullah dibawah kepemimpinan Shaikh Nasrallah. Shaikh Nasrallah mengikuti madhab Syi’ah Ithna Asyar (12 Imam).

    Imam Khomeni di dalam kitab Tahril Wasilah menulis bahwa madhab Syi’ah Ithna Asyar (12 Imam) dibentuk berdasarkan buku buku yang dikarang atau ditulis oleh Shaikh Saduq, Shaikh Kulaini, Shaikh Tusi.

    Semua madhab harus kembali kepada AlQuran dan Hadith; karena beberapa pendapat pemimpin madhab tersebut bertentangan dengan AlQuran dan Hadith. Kitab Nahjul Balaghoh adalah kitab Hadith yang diakui oleh semua pengikut Syiah.

    Perbedaan pendapat di antara pengikut2 madhab Syi’ah Ithna Asyar (12 Imam) yang dipimpin oleh Shaikh Nasrallah dengan pengikut2 madhab Syi’ah Druse yang dipimpin oleh Shaikh Walid Jumblat harus diselesaikan dengan baik melalui dialog dan diskusi berdasarkan AlQuran dan Hadith; bukan berdasarkan kekerasan; karena kekerasan akan merugikan semua ummat Islam di Lebanon.

News Feed