Skip to main content

Putin: Anda (Bush) seperti orang gila memegang pisau silet

By December 5, 20112 Comments

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, dijadwalkan melakukan kunjungan mendadak ke Iran, Selasa (30/10), untuk bertemu Presiden Mahmoud Ahmadinejad. Kunjungan ini dilakukan di tengah-tengah melebarnya perbedaan antara Moskow dan Washington atas masalah nuklir Iran.

Kunjungan Lavrov ini terjadi dua pekan setelah kunjungan bersejarah Presiden Vladimir Putin ke Iran, yang merupakan kunjungan pertama oleh pemimpin Kremlin sejak Perang Dunia II. Sumber di pemerintah Iran, yang tak bersedia disebut namanya, mengatakan Lavrov tiba di Teheran Selasa sore. Sementara media lokal memberitakan pertemuan Lavrov-Ahmadinejad akan dilakukan pukul 16.30 waktu setempat.

”Menteri dijadwalkan melakukan kunjungan kerja singkat hari ini ke Iran,” ungkap Juru Bicara Kementrian Luar Negeri Rusia, Mikhail Kamynin, seperti dikutip Interfax. Tak ada penjelasan lebih lanjut mengenai kunjungan ini. Dalam beberapa pekan terakhir, Putin semakin gencar mengkritik upaya AS yang mendesakkan sanksi lanjutan Dewan Keamanan (DK) PBB terhadap Iran, begitu pula sanksi sepihak AS dan sikap Washington yang enggan menyingkirkan opsi tindakan militer terhadap Teheran.

”Mengapa membuat situasi semakin buruk, berusaha membuat dead-lock, mengancam sanksi atau bahkan aksi militer,” kata Putin pekan lalu pada pertemuan puncak Rusia-Uni Eropa di Lisabon, Portugal. ”Anda bisa sibuk berlarian kesana-sini seperti orang gila memegang pisau silet, tapi ini bukan cara terbaik untuk menyelesaikan masalah ini,” kata Putin mengumpamakan tindakan Washington. (afp/ap/arp/republika)