Rakyat AS Dukung Perundingan Langsung dengan Iran

Berdasarkan jajak pendapat, kebanyakan rakyat AS menginginkan perundingan langsung AS dengan Iran. Press TV melaporkan, jajak pendapat yang digelar yayasan polling Gallup menyebutkan bahwa 56 persen warga AS setuju jika pemerintah negara mereka melakukan kontak dan perundingan langsung dengan Iran. Hanya 38 persen responden yang menentang dan enam persen menyatakan abstain.

Jajak pendapat ini diikuti oleh kelompok moderat, pendukung partai Demokrat, Liberal, dan kalangan terpelajar dengan usia antara 18 tahun hingga setengah baya.

Anak-anak remaja, kelompok konservatif dan pendukung partai Republik lebih banyak menolak perundingan langsung AS dan Iran. Jajak pendapat diikuti oleh 1,027 orang dan digelar antara tanggal 9 hingga 12 Februari 2009.

Presiden AS Barack Obama saat pengambilan sumpah jabatan kepresidenan mengatakan, jika negara-negara seperti Iran membuka kepalan tangannya maka AS akan mengulurkan tangan persahabatan ke arah mereka. Obama tidak menyebutkan prasyarat apapun untuk melakukan perundingan langsung dengan Iran. (irib)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed