Relevansi Revolusi Islam Iran dengan Bangsa Indonesia [Video]
Relevansi Revolusi Islam Iran dengan Bangsa Indonesia [Video]. Revolusi Iran merupakan salah satu revolusi multi dimensi yang mempunyai pengaruh besar, di negara-negara Timur Tengah abad ke-19

Relevansi Revolusi Islam Iran dengan Bangsa Indonesia [Video]

Revolusi Iran merupakan salah satu revolusi multi dimensi yang mempunyai pengaruh besar, di negara-negara Timur Tengah abad ke-19 . Revolusi ini merupakan reaksi dari kebijakan penguasa rezim Pahlevi yang bertindak diktator, dan sangat berorientasi pada negara-negara Barat. Rezim Pahlevi banyak membuat kebijakan yang memojokkan posisi ulama di Iran. Akibatnya, ulama perlahan-lahan menghimpun kekuatan dari berbagai lapisan masyarakat untuk mewujudkan perubahan. Revolusi yang dipelopori oleh Ali Shariati, dan Ayatullah Khomeini ini, merupakan revolusi negara Timur Tengah yang paling banyak mendapat sorotan Dunia Barat dan Timur.

 

Islam lebih dipilih sebagai ideologi revolusi, karena lebih otentik, dan dekat dengan karakter asli Iran. Selama dalam tujuan yang sama, maka pandangan keagamaan maupun politik berbgai kelompok itu tidak dipersoalkan. Sebagian berkeinginan membangun identitas Iran, yang sadar akan warisan kulural, dan sejarahnya. Tetapi mayoritas, memillih ideologi Islam, karena bermakna kembali kepada Islam, dan pembangunan negara, masyarakat Islam.

loading...