Resolusi DK PBB atas Iran, Selember Kertas tanpa Sanksi

Krisis hubungan AS – Rusia menjadi berkah tersendiri bagi Iran. Sanksi atas Iran menjadi sesuatu yang hampir mustahil dikeluarkan. Amerika kini hanya bias memberikan sekedar “himbauan” tanpa efek apapaun.

Keamanan (DK) Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) dengan suara bulat mengesahkan sebuah resolusi pada Sabtu (27/9) untuk memerintahkan Iran menghentikan aktivitas pengayaan nuklirnya.


Namun resolusi itu tidak mengandung sanksi baru seperti yang diinginkan Amerika Serikat (AS) dan aliansinya. Naskah resolusi itu disepakati oleh lima anggota tetap DK PBB, yaitu Inggris, China, Prancis, Rusia, dan AS, ditambah Jerman dalam sesi terpisah Majelis Umum PBB pada Jumat (26/9).


“PBB menyerukan kepada Iran untuk secara penuh dan tanpa penundaan memenuhi resolusi DK PBB sebelumnya, yang mendesak penghentian pengayaan nuklir dan memenuhi komitmennya,” ungkap resolusi 18 baris itu.

Resolusi itu juga mendesak Iran memenuhi syarat Badan Energi Atom Internasional PBB (IAEA) di Vienna.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 comments

  1. Jawaban saya (andai saya jadi Iran) atas Selembar Kertas Tanpa Sanksi:
    E(mang) G(ue) P(ikirin)!

    Tapi simak dan cermatilah bagaimana jawaban Imam Khomeini qs. atas makar para musuh pada tahun 1979?. Setelah mendengar laporan seorang Pengawal Revolusi Islam dengan kepala menunduk, di akhir pembicaraan beliau mengangkat kepalanya sambil berkata, “Apa yang mereka katakan? Kemenangan kita dijamin oleh Allah. Kita akan meraih kesuksesan, menyusun sebuah pemerintahan Islam dan menyerahkan panji-panji kepada pemegang panji-panji yang berhak[imam Mahdi afs].”

    Mudah-mudahan ‘janji’ itu kan segera tergenapi, dalam waktu tak berapa lama lagi…

    Ya Mahdii… Adriknii….

  2. yth Ahmad dinejad

    untuk bangsa iran, jangan kamu takut dengan organisasi yang bernama PBB, krn pada dasarnya mereka hanyalah antek zionis LAKNATULLOH.

    Lanjutkan semua program yang ada.
    takutlah hanya pada Alloh swt

    allohu akbar 3x

News Feed