Saudi Ajak Dunia Arab Hadang Arus Pengaruh Iran

Menlu Saudi Arabia Pangeran Saud al Faisal mengajak dunia Arab untuk menghadang gerakan Iran di regional, termasuk program nuklirnya.

Ajakan itu di ungkapkan oleh Pangeran Saud al Faisal dalam pertemuan para Menlu negara-negara Arab di Kairo. “Negara non-Arab tidak harus ikut campur dalam permasalahan Iraq, Libanon dan Palestina – karena Iran telah membantu pemberontak di Negara-negara tersebut,” ujar Pangeran Saud.

Negara-negara Arab pro Amerika dan Israel merasa ketakutan kalau hubungan melalui dialog antara Tehran-AS akan membuahkan sebuah kesepekatan tertentu.

Saud lebih lanjut menekankan bahwa penekanan resolusi itu atas dasar kepentingan Arab dan atas dasar “persatuan dan persamaan visi dalam menangani “Iran sebagai tantangan keamanan di kawasanTeluk “

Komunitas Sunni Arab di Timur Tengah juga khawatir atas perkembangan pengaruh Syiah di kawasan sehingga Saud mengundang Negara-negara Arab.

Sementara itu, Ketua Liga Arab Amr Musa juga mengatakan kepada para Menteri Dalam Negri Negara-negara Arab dan menghimbau untuk terus memantau Iran. Dikatakan bahwa: “Saya berharap tidak ada kekuatan asing yang berbicara dengan Iran tanpa sepengetahuan Arab dan Arab harus terlibat langsung dalam proses tersebut”.

Sementara itu Bahrain meminta para menteri untuk memasukkan Iran kedalam agenda pertemuan Liga Arab.

Dalam pertemauan yang di gelar di Kairo itu, Saud dan rekan sejawatnya Menlu Mesir, Menlu Suriah Walid al Muallem guna menjembatani hubungan Arab AS. Suriah adalah Negara Arab yang didukung Iran.[islammuhammadi/ rm/AP]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 comments

  1. Semakin membuktikan bahwa kerajaan Saudi dibawah pengaruh Israel, mereka takut Islam bangkit dan menggusur kekuasaan mereka atas Haramain. Sejarah terulang bahwa oknum-oknum yahudi bersekongkol dengan oknum arab jahiliah untuk membendung pengaruh Islam yang di sampaikan oleh Rasulullah Muhammad SAAW….. Ini semestinya disadari oleh kaum Muslimin di dunia…

  2. Dear …

    Mengajak WAHBABI ke jalan benar !!!
    Mengajak mereka semua agar jangan sayang2 menggunakan otak kiri-kanan demi perjuangan ….. (Apa masih tersisa otaknya ?…tanya siapa ?)

  3. astgfirullah…..!

    tersirat dengan jelas sebuah ketakutan dari keluarga penguasa atas kedudukannya. tidak ada apa-apa disini (ak tgl disaudi), tidak ada wahabi, islam suni, atau apa. yang ada adalah sebuah keluarga pewaris masa lalu yang ketakutan turun dari kedudukannya dan menggunakan cara apa saja termasuk agama untuk melanggengkan kekuasaannya.

    na udzu billah..

  4. YA ALLAH…SAUDI INI KOK KHAWATIRNYA SAMA ORANG ISLAM SENDIRI SIH ? ud jels kan org Iran Tuhannya sama,Kiblatnya Ka’bah juga,Kitab nya Alquran, Nabinya Muhammad Saaw..mngkin yg beda Iran punya Imam Maksum mrk Imamnya jahanam Amerika yg notabene antek Zionis..

  5. Wahai Arab saudi,,jangan ikut-ikutan menekan iran dong…..sesama negara timur tengah harus bahu-membahu mengalahkan israel dan Amerika…..Saudi Arabia harus bisa menjadi pioner perdamaian umat islam untuk melawan keangkuhan Yahudi…Allahu Akbar…

  6. saudi dan arab tambah gembleng,….
    lomba” cari muka di AS
    mereka tidak ada kerjasama diplomatik dengan israel tp jd sekutu AS
    Podo wae,….
    iran adalah negara dengan harga diri
    tidak mau ditekan AS dan Israel
    hidup[ iran, jaya iran
    semoga indonesia bs mencotoh mu

News Feed