SEBERAPA AGUNG DIRIMU?

Hiruk pikuk dukungan pembeo-pembeo dan yel-yel histeris pemuja-pemuja kadang memabukkan hati yang pongah.
Agama itu suci. Tanah sebagai tempat mengamalkannya juga suci.
Inilah agama Allah. Inilah Tanah Air kita, bumi Allah. Tak ada yang mampu menistakan agama dan bumiNya.
Menjaga agama dan bumiNya adalah dua kewajiban yang agung.
Cinta agama ini? Harus cinta bumi ini, tanah ini, negara ini. Di bumi inilah agamamu dimuliakan. Di ribuan nusa inilah manusia-manusia tulus menerimamu, menghormatimu dan mengikutimu karena agama ini. Hormatilah tanah ini. Hargailah bangsa ini.
Di negara ini dan oleh bangsa ini, agama yang kau cintai dimuliakan. Jangan hina negara ini. Jangan remehkan bangsa ini.
Bila merasa mulia, itu karena bangsa ini memuliakan agamamu, bukan dirimu, sosokmu, busanamu dan semua pernik remeh tentang dirimu.
Agama ini, tanah ini dan bangsa ini tegak menjulang bukan karena satu orang, bukan karena kamu semata. Siapapun kamu dengan semua klaimmu hanya partikel kecil dan satu titik yang nyaris tak terlihat dalam kemegahan dan keagungannya. Beri respek kepada jejiwa pejuang yang telah mengukir prasasti abadi bernama Indonesia. Jangan lupa diri. Jangan jumawa!
Seberapa agung dirimu? Adakah keagungan pada dirimu? Kau tentu mengaku tak mengagungkan diri. Kau tak perlu mengaku. Dusta dan sombong pun perlu kecerdasan. Kau hanya cukup merendahkan selainmu untuk mengagungkan dirimu dan status yang kau sematkan pada dirimu.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed