SELF CONTROL

Mengendalikan diri dari pikiran negatif tentang orang lain adalah cara mengendalikan diri dari perbuatan dan sikap negatif terhadapnya. Salah satu cara mengendalikan diri dari pikiran negatif adalah tak menjadikan anggapan tak valid dan tak faktual sebagai dasar penyikapan.

Jangan keburu menjadikan kemiskinan dan derita orang lain sebagai alasanmu bersyukur. Boleh jadi kamu adalah salah satu penyebabnya.

Jangan keburu menjadikan orang lain yang terlihat lebih sengsara darimu sebagai alasanmu bersyukur. Boleh jadi dia justru bersyukur karena tak menjadi sepertimu.

Jangan keburu mencemooh orang yang tak terlihat relijius. Boleh jadi dia meninggalkan relijiusitas karena perilaku palsu sebagian orang yang terlihat relijius.

Jangan keburu menasehati orang yang nyaris putus asa untuk bersabar. Andai semua masalah terselesaikan hanya dengan bersabar, tentu dia sudah melakukannya.

Jangan keburu menyarankan orang yang tampak tak punya pekerjaan untuk berusaha mandiri. Andai semudah yang kamu sarankan, pastilah dia punya pekerjaan.

Jangan keburu mencemooh orang yang mengeluhkan kesulitan hidupnya sebagai orang yang tak bersyukur. Boleh jadi itu caranya menyadarkan betapa kamu tidak peka.

Jangan keburu merasa beruntung dicinta Tuhan saat melihat orang mengalami kemalangan. Boleh jadi Tuhan memilihnya sebagai penerima karena lebih tangguh darimu.

Jangan keburu sinis terhadap orang yang terlihat hidup nyaman karena punya harta seraya menuduhnya “cinta dunia”. Boleh jadi, orang miskin yang pikiran dan hatinya diliputi keinginan mencari harta dengan jalan pintas itulah orang yang lebih tepat dianggap “cinta dunia”.

Jangan keburu meminta orang yang jatuh terpuruk melihat ke bawah agar menerima dengan fakta dirinya. Boleh jadi dia posisi paling bawah sehingga saran menggali lebih tepat untuknya.

Jangan keburu memvonis keadaan melarat seeseorang sebagai akibat kurang ibadah. Boleh jadi waktu beribadah berkurang demi bertahan hidup untuk dia dan keluarga.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed