Shalat Melunasi Hutang

prayer.jpg

Dalam kehidupan sosial, hutang-piutang merupakan hal biasa dan bagian dari muamalah. Berhutang bukan tindakan tercela selama tidak berniat untuk tidak melunasinya. Di antara orang-orang yang dilaknat oleh Rasulullah saw adalah orang yang berhutang dengan niat tidak membayar.

Ketika hendak berhutang, seseorang sudah mempertimbangkan dan memikirkan pelunasannya. Namun, seringkali apa yang direncakan tidak sesuai dengan kenyataan. Misalnya, usahanya gagal atau bangkrut, atau kebutuhannya bertambah banyak. Ketika itu, kepada siapa lagi kita bergantung selain kepada Allah Swt. Oleh karena itu, dalam sejumlah riwayat diajarkan cara menghadapi keadaan itu. Berikut ini adalah beberapa cara shalat yang mereka ajarkan untuk terbebas dari hutang:

Imam Ja’far Shadiq meriwayatkan dari ayah-ayahnya bahwa seseorang datang kepada Nabi saw, lalu mengeluh, “Wahai Rasulullah, aku memiliki tanggungan keluarga dan aku dililit hutang, sementara keadaanku sangat sulit. Ajarilah aku sebuah doa yang bila aku membacanya, Allah Azza wa Jalla memberiku rezeki untuk melunasi hutang dan mencukupi kebutuhan keluarga.” Rasulullah saw menjawab, “Wahai hamba Allah, berwudhulah dengan sempurna dan sebaik-baiknya, lalu shalatlah dua rakaat dengan rukuk dan sujud yang sempurna. Setelah selesai shalat, bacalah doa berikut.”

يَا مَاجِدُ يَا وَاحِدُ يَا كَرِيمُ يَا دَائِمُ أَتَوَجَّهُ إِلَيْكَ بِمُحَمَّدٍ نَبِيِّكَ نَبِيِّ الرَّحْمَةِ ص يَا مُحَمَّدُ يَا رَسُولَ اللهِ إِنِّي أَتَوَجَّهُ بِكَ إِلَى اللهِ رَبِّكَ وَ رَبِّي وَ رَبِّ كُلِّ شَيْءٍ فَأَسْأَلُكَ اللَّهُمَّ أَنْ تُصَلِّيَ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ أَهْلِ بَيْتِهِ وَ أَسْأَلُكَ نَفْحَةً كَرِيمَةً مِنْ نَفَحَاتِكَ وَ فَتْحاً يَسِيراً وَ رِزْقاً وَاسِعاً أَلُمُّ بِهِ شَعْثِيْ وَ أَقْضِي بِهِ دَيْنِي وَ أَسْتَعِينُ بِهِ عَلَى عِيَالِي

Wahai Yang Mahaagung, wahai Yang Mahaesa, wahai Yang Mahamulia, wahai Yang Mahakekal, aku menghadap-Mu melalui nama Muhammad, Nabi-Mu, Nabi pembawa rahmat; wahai Muhammad, wahai Rasul Allah, sungguh melalui namamu aku menghadap kepada Allah, Tuhanmu, Tuhanku, dan Tuhan segala sesuatu. Maka aku memohon-Mu, ya Allah, agar Engkau menganugerahkan shalawat kepada Muhammad dan Ahlulbaitnya, aku memohon anugerah-Mu berupa kemenangan yang mudah dan rezeki yang lapang sehingga aku dapat menghimpun kekuatanku, melunasi utangku dan mencukupi kebutuhan keluargaku.

(Diambil KAMUS SHALAT, Penerbit ARIFA, Jakarta).

loading...

19 comments

  1. Semoga Allah Melunasi hutang2ku…

    Alhamdulillah dari Pintu Ilmu Allah, doa ini disebarkan ke Ummatnya.
    Semoga Ummat slam terbebas dari belenggu hutang.

    Terimakasih Ustadz

  2. Semoga Allah Azza Wa Jalla…melunasi hutang2 orang2 yang berhutang

  3. aaamiiiin ya Allah Ya Robbal ‘aalamin….

  4. Mohon petunjuk dan bantuannya, saya terlilit utang, saya berutang untuk biaya anak2 sekolah (2 anak di perguruan tinggi dan SMK), karena saya tidak mampu sementara saya melihat anak2 ku punya potensi dan kemampuan jadi saya nekad berutang, sampai saat ini saya masih tersisa utang sebesar Rp. 22 jt-an.
    Terimakasih

  5. Amiiiiinnnnn

  6. allah allah allah..semoga hutang saya cepat selesai

  7. Tolong bantu saya…

  8. Aamiin

  9. Semoga Allah melunasi semua hutang-hutang ku …
    Aamiiin ………

  10. ya Allah lunaskanlah semua hutang-hutangku amiiin amiiin amiiin ya rabbal aalamiiin

  11. Amiin ya alloh
    Semoga alloh menolong saya dalam.melunasi hutang. Hamba memohon kepadamu jauhkan dari hinaan dan cemoohan karena hutang ini ya alloh

  12. Ya allah bantu lah hamba dalam hutang yg membelenggu ku saat ini, berikan lah kemudahan dalam kesulitan hamba utk melunasi hutang hutang hamba . Amiiin

  13. Ya lunaskanlah hutang hutangku dan cukupkanlah kebutuhan ku aamiin

  14. Semoga Alloh memberi jln keluar agar aku dapat melunasi sgl hutang2ku

  15. Bingung besok hutangku harus di bayar dan harus bagaimana tinggal sehari lagi dan uang nya belum ada

  16. Ya ALLAH bantulah aku untuk melunasi hutang2 ku amiin

  17. Aamiin ya Allah… lapangkanlah rezeki ku, dengan nama jujungan nabi ku muhammad sebagai rasulmu dan rahmat sekalian alam , agar hamba dapat melunasi dan terbebas dari hutang yg melilitku…dan dapat menghidupi keluarga ku dengan layak, aamiin..

  18. Ya Allah lunaskanlah hutang hutang hamba

  19. Yaa allah besok hutang mertuaku yg sudah saya anggap orangtuaku sendiri jatuh tempo dan uang belum ada sama sekali sebesar 8 jt,mungkin bagi saudara uang 8jt gk banyak tp bagi kami itu sangat banyak,saudaraku mohon bantuan doanya semoga malam ini ada rejeki buat kami untuk melunasi hutang mertuaku AMIN,5 maret 2018

Leave a Reply