Sinetron “Harem” Menyerang Islam?

hareem

KPI Minta Indosiar Perbaiki Sinetron ‘Hareem’, Sinetron Berbaju Islam tapi menyerang Islam.

Anggota FPKS DPR Mutammimul Ula, meminta Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) segera menghentikan tayangan sinetron Hareem yang disiarkan di Indosiar. Cerita di sinetron itu terkesan merusak citra Islam. sebagian isi cerita, di antaranya tentang perilaku si anak berebut isteri keempat ayahnya. Lalu sang ayah memperkosa istri mudanya yang masih remaja dan belum siap melakukan hubungan seksual.

“Itu alasan pertama. Yakni dari segi konten atau substansi, ceritanya merusak citra Islam lewat kelakuan seorang pemeluk yang mustahil seburuk itu,” ujarnya, di Jakarta, Kamis (5/2).

Angggota Komisi I ini lalu menuturkan, sebagian isi cerita, di antaranya tentang perilaku si anak berebut isteri keempat ayahnya. Lalu sang ayah memperkosa istri mudanya yang masih remaja dan belum siap melakukan hubungan seksual.

“Alasan kedua, Hareem ditayangkan pada jam 19.00 WIB dengan tidak mencantumkan kategori (penonton). Sehingga bertentangan dengan surat pedoman siaran (SPS) KPI,” ujarnya.

Muttamimul memperkirakan, pada prime time (jam tayang utama) tersebut, anak-anak masih terjaga. Sehingga, Hareem sangat berpeluang ditonton mereka, juga oleh remaja di bawah umur.

Alasan ketiga, lanjut Mutammimul, dalam situs KPI menyiarkan adanya tiga protes dari masyarakat yang sekaligus minta dihentikannya tayangan sinetron tersebut. “Hal ini menunjukkan bahwa sebagian masyarakat tidak menghendaki sinetron Hareem,” tegasnya. (dakta)

Comment

Leave a Reply to tata Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

82 comments

  1. Berani gak ya si Produsernya ganti tokohnya dengan Seorang Pejabat anggota dewan yang beristri 4 (1 Resmi, yang 3 cem-ceman), belum lagi teman tidur di mana Pejabat anggota dewan itu sedang dinas luar kota?

  2. menurut saya film itu lucu klo ngomong……………….

    klo saya dan keluarga menyaksikan film itu malah kayak menonton lawakan………………
    pa lg umi desi….
    bikin gregetan ajah……

  3. Saya, nonton sinetron ini sejak tayangan kedua dan sampai tadi malam (12/02/09). memang rasanya ada yang janggal….dan diindikaiskan menyerang Islam. Paling tidak sinetron ini dimaksudkan untuk “menyerang” orang-orang yang memperbolehkan atau mempraktekan poligami.
    saya juga bukan orang yang “demen” dengan sinetron. cuma karena kata-kata haarem saja sehingga saya jadi tertarik. Dan, rasa penasaran saya menjadikan sinetron ini menjadi acara yang saya tonton beberpa malam. sebab ada kutipan ayat, ajaran dan praktek ibadah islam yang jelas-jelas menjadi dasar cerita sinetron ini.
    Nmaun sayangnya, mungkin karena proses kejar tayang yang bis a membuat penulis skenario ini menulis cerita asal jadi. Sehingga kalau lebih dalam ditelaah cerita sinetron yang berpondasi pada usaha “meluruskan” kehidupan poligami, malah menjerumuskan kepada pemhaman Islam itu orangnya konservatif dan main paksa.
    Sinetron ini juga terasa janggal dari sisi kemnausiaan, kok ada ya…orang begitu ngalahnya….padahal yang melakukan tindakan zalim dan fitnah sudah jelas-jela s logis dan dapat dicerna akal sehat. Apakah ini juga maksud sang pembuat skenario, bahwa orang Islam itu saking taatnya pada syariah atau aturan agama gampang dibodohi, dimintai maaf dan akhirnya gampang diinjak-injak./ tentu bukan semcam itu perilku seorang muslim. Memafkan iyya. Tapi, kalau kedzaliman dibiarkan ya tidak bisa.
    saya menduga arah solusi dari kedzaliman ini natinya melaui proses “mukjizat” seperti, sanga tokoh yang dizalimi nanti akan ada pertolongan luar biasa dari hal-=hal yang ghaib. Dan jika ratingnya tinggi, nnati akan ditambah lagi persolaannya….Duh kapan ya bisa dapat sinetron yang bermutu…?
    Dan terakhir untuk ustadz rizal. Kata-kata anda betul… terutama tentang mengambil hikmah… tapi dalam Islam Hikmah itu bukan untuk dinanti atau dicermati saja. hikmah kehidupan adalah sesuatu setelah ada ikhtiar. Jadi anda jangan mengeksploitasi kata-kata hikmah untuk membiarkan fakta “silkan orang boleh fitnah, dzolim dst…toh nnati Tuhan akan balas…”
    tentu anda sangat paham bahwa Allah tidak akan mengubah kondisi suatu kaum, jika kaum itu sendiri yang tidak mau mengubahnya…..memnag ketentuan akhir semua pada Allah. Kita hanya harus yakin atas ikhtiar kita…
    wallahu alam bisshowab

    terima kasih

  4. sinetron hareem bener2 ga mutu
    meskipun diakhir sinetron ada ustadz yg memberikan penjelasan tentang hikmah yang diambil.. tentu aja hikmah yg diambil kok ya jeleeeeek semua dan ga logis! ga ada indah2nya sama sekali!
    justru terpatri dimasyarakat hikmahnya adalah gini :
    1. jangan ikutin ajaran islam tentang poligami, karena berbahaya, bisa jadi petaka bagi rumah tangga, padahal banyak keluarga yg berpoligami, tapi bisa diambil ibroh yg positif.. kalolah emang belum bisa berpoligami, hendaknya jangan menentang ayat Allah dengan membuat sinetron rendahan seperti ini

    2. si inayah yang katanya solehah, tapi ga bisa bilang tidak pada mas aryo.. seharusnya kan, dia sudah tau, (kalo emg dia ngerti agama seperti halnya karakter di sinetron ini) bahwa kalau sudah melakukan hubungan badan dengan ayahnya, maka haramlah dia selamanya dengan anak tirinya. ini lho kok ya mauuuu aja diajakin ngobrol sama aryo, cari2 masalah, cari2 fitnah, ky kurg kerjaan aja, udah gitu, mana ada wanita solehah yg buka2 jilbab kesana dan kemari, lari2… org berjilba itu secara nurani ga akan mau di lihat auratnya, masak siih, hatinya segitu tertutupnya untuk sekedar menutup auratnya disaat krisis sekalipun? lha, umi desi yg di sinetron ini sebagai tokoh jahat aja pake jilbab terus kok? maksudnya apa ini? mau dibilang tokoh berjilbab itu banyak yg jahat? lebih baik tidak usah pake jilbab gitu? jilbab itu aturan agama, lihat surat annuur 30-33, masalah hati harus bersih setelah berjilbab itu akan mengikuti, minimal proses.. setidaknya ia mendapat pahala telah menjalankan kewajibannya sebagai wanita untuk menutupi auratnya

    3. si umi desi yg di tokoh jahat ini, justru kelihatan lucuuu banget kalo ngomong.. bikin geregetan, saya setuju… memang beberapa kali gemes banget sama tingkahnya yg tukang fitnah, tukang cari muka dan membunuh umi salma hanya kaena gila harta, dan bodohnya, si kanjeng ga nyadar2 lagi.. kok bisaaaaaaaaaaaaaaa yaaaaaaaaa????

    coba kalau bikin sinetron tuh yang bermutu, yg ibrohnya baiik, berikan keteladanan, bukannya konfliiik melulu, tanpa penyelesaian. sinetron yg sama sekali ga MUTU.. coba lihat film “sang murabbi” bandingkan bedanya

  5. Iya bener tuch Sinetron merusak nama baik Umat Islam wabil khusus Umat Islam di Indonesia. Aku aja dari pertama tertarik untuk mengikuti sekarang jadi Sebelllll…… Deccchhhh….

  6. kata aku,,,film harem tuchh,,,,biasa aja,’n’ pastinya y9 berpoli9ami ,,,pada kesindirr .tapi kenapa yah??shandy aulia mau aja memerankan tokoh inayah??? padahal kan dia kristen????
    yaitulah orang demi mendapat uang segala carapun dilakukan ,termasuk menggaadai agamanya sendiri,,,,
    dan buat para lelaki jangan coba deh berpoligami!!!

  7. aku adl salah satu penonton sinetron hareem dan “kasih dan amara”, yang sama-sama ditayankan di indosiar. Memang pertama-tama aku suka setelah lama-lama kok nyebelin ya. karena apa. Kok cerita ini justru menyerang orang-orang yang tidak berdosa. Cobaan yang dilalui oleh pemeran utama sih sah-sah aja, tapi kok gak ada habis-habisnya padhal inaya atau kasih adalah orang-orang yang bertakwa, seolah-olah doanya gak ada artinya. Sepertinya sutradara di sini hanya mempermainkan perasaan penonton aja supaya penasaran dan ingin nonton lagi. sy coba mencari akhir cerita sinetron ini di website tp gak ada akhir ceritanya. Sepertinya sutradara sudah kehilangan akal untuk mencari cerita. Untuk sutradara saran saya, mohon penderitaan inaya atau kasih tolong disudahi. Sekali sekali amara dan neli atau umi desi yang dikasih penderitaan karena dia jahat, saya pasti tertawa dan lebih seneng nonton sinetron ini. Pujian untuk sutradara saya salut, anda pinter mencari pemeran umi desi yg suaranya medok dan culas, amara yg sifatnya iri hati dan nyebelin, dan tante neli yang jahatnya gak ada habisnya yg dimatanya hanya ada harta…harta.. dan harta. yuk nonton!!!!!!!!

  8. hareem ,capek nonton sinetron itu.kl orang islam semua style nya kaya inayah difitnah nurut ,gak salah malah mengaku “saya yang bersalah”,dibohongi malah yang membohongi itu dibilang pintar,dah pokoknya extreme lemah dan pasrahnya bulat-bulat seakan-akan dalam semua hal buruk”biar Allah yang membalas” tapi dia sendiri hampir sama sekali gak ada usaha.itu hanya akan memperburuk paradigma kaum muslim.karuan kl umi desi, tuh sudah layak di eksekusi beheading.Moslem not like that, not weak,not faint,but born from strong to strong. (QS:Ar ro’du:11)

  9. Tayangan Sinetron Hareem intinya mengambarkan sebuah keluarga yang tidak mengenal agama sama sekali. Dalam Sinetron tersebut seperti ada kesalahan dalam Judulnya / kurang tepat judulnya. Kalau di liat setiap adegan yang di tampilkan hanya menonjolkan penyiksaan dan ketidak berdayaan seseorang. Jadi alangka naiknya Judulnya di rubah dengan Nama Judul ” PENYIKSAAN TERHADAP ISTRI KE 4 ” Atau lebih keren lagi pakai judul ” KANJENG DOSA GILA ” . Tolong untuk orang-orang muslim hati2 dengan tayangan Hareem yang secara halus telah melecehkan Islam, dengan cara yang halus. Untuk Ustad pemandu, jangan mau dimanipulasi sama orang2 yang sengaja menghancurkan Islam. Jangan2 Sutradara dan Sekenarionya ada titipan dari orang2 Nasrani dan Yahudi,,,,,!!!!!!!

  10. Ak marah banget ama pejabat yang meloloskan sinetron hareem sehingga beredar ke masyarakat. Ajaran islam dibuat seolah2 islam itu kejam. DASAR KEPARAT, GAK BERPENDIDIKAN TUH PEJABAT KPI. MEREKA SUDAH LUPA. AK UMAT ISLAM TERSINGGUNG………..

  11. Coba dong buat tokoh utamanya si INAYAH sedikit lebih cerdas, jangan kayak sinetron indonesia lainnya tolol buanget. Keledaipun tidak akan mau berulang-ulang masuk lobang itu terus, dia bisa menghindar.
    Jangan bikin orang beriman itu tolol dan sial, dan orang jahat orang yang cerdas dan selalu beruntung.

  12. Pakaian bukan jaminan orang menjadi baik tingkah-lakunya. walaupun ia berjilbab ataupun pakai gamis. Orang Arab terutama yang menganut mazhab wahabi selalu menutup seluruh auratnya dengan cadar, cuma mata yang kelihatan. Tetapi apa yang terjadi mereka banyak memperlakukan TKW tidak manusiawi (itu yang terungkap saja, masih banyak yang tidak terungkap). Yang perempuan karena cemburu sering menyiksa. Sementara yang laki-laki menganggap TKW sebagai budak yang halal untuk digauli.
    Kebayakan TKW menerima semuanya itu dari pada ribut cuma bikin masalah. Hanya sedikit orang yang ribut yang akibatnya penderitaan, gajih tidak dibayar, bahkan bisa mengakibatkan kematian.
    Sekali lagi, pakaian bukan jaminan dia bisa berlaku baik. Lebih baik dia berpakaian biasa dari pada berjilbab tapi ketangkap kamera berjinah seperti yang terjadi di lombok. Coba anda lihat di jalanan banyak ABG yang pakai jilbab tapi naiik motor dengan laki-laki pacarnya dengan memeluk erat dari belakang pada perut dan dibawah perut. Coaba amati di jalan.

  13. Helo All, anybody can tell me apa bener sih dalam sinetron Hareem ada penyebutan “Papa Kanjeng” karena saat ini aQ sedang jauh dari keluarga, en tiap kali aQ call ke anakku dia selalu manggil2 papa kanjeng.. Kata mamanya karena sering lihat sinetron judulnya Hareem. Just curious. Thanks responsnya.

  14. FKS kayaknya kurang kerjaan ngapain ngurusin senetron yg hanya tontonan yang penuh rekayasa yang paling penting itu ngurusi nasib rakyat yang terhimpit ekonomi karena anda bisa duduk dikursi itu atas perjuangan rakyat. masalah sinetron harem menurut saya itu hanya hiburannya rakyat kecil cuma itu yg bisa dilihat sebagai hiburan untuk menghilangkan stres menghadapi situasi ekonomi yg berantakan. Tunjukan kepada rakyat kalau PKS itu betul betul membela rakyat apa buktinya……..kok ngurusin sinetron kurang kerjaan kali ya….

  15. awalnya sih saya suka banget sama sinetron harem, tapi lama kelamaan menurut saya ceritanya terlalu didramatisir dan tidak seru lagi untuk ditonton dan banyak memberi contoh yang tidak baik, ya sama aja sama sinetron yang lainnya…..

  16. sinetron tersebut adalah salah satu cara zionis israel menyerang islam. ceritanya terlalu lebayy.. kaum muslim gak segitunya kaleee…

  17. sinetron tersebut adalah salah satu cara zionis israel menyerang islam. ceritanya terlalu lebayy.. kaum muslim gak segitunya kaleee… pemeran utamanya aja non muslim (shandy aulia), jadi kita sebagai umat muslim harus waspada coz skenarionya menodai citra islam. jangan-jangan, sinetron hareem disponsori sama produk2 zionis?? bisa juga.. waspadalah umat muslim! kalian sedang dirusak!

  18. apa bner yg menjadi inayah (shandy aulia) itu beragama kristen???
    knpa gk di ganti az…!!! tmen saya ada yg mirip dengan dya…!!! syp tw yg menjadi inayah bsa di ganty…!!!

  19. Kalau anda ingin tau potret masyarakat muslim di Indonesia… Tontonlah sinetron Harem semua karakter muslim Indonesia ada disitu, mulai dari yang sholeh, jahat, sombong, bijaksana dll. Jadi anda yang kurang setuju dengan sinetron ini cobalah untuk sedikit merenung dengan penggambaran Islam Indonesia disini, barangkali memang ada benarnya. Islam tidak akan terhina dengan sinetron ini, meskipun banyak muslim merasa dilecehkan

  20. sebagai muslim kita diajarkan menghargai karya orang.baek buruknya kita aja yang nentuin…………….key!muup yaw………….

  21. Yang jelas…rata-rata sinotron Indonesia sama aja.slalu yang baik dan sabar dianiaya abis-abisan,lebaih gt deh…lama kelamaan orang-orang gak mau jd orang yang baik &sabar dong…pada TAKUT,hehe…
    yah…aku berharap banget,ada sinetron yang lebih bisa menjiwai kehidupan sehari-hari aja…walopun lebaih tetap real dong 🙂

  22. Untuk nurani.
    Pks tuh bukan g ada krjan, dy mencoba menjaga nama baik islam, jgn smp masyarakat awam menganggp sprti itu islam, pks brusaha meluruskan
    dan untuk bukti pks pro rakyat, uda bnyk ko. Trutama buat org2 yg trtmpa musibh. Mrka sll trdpan dlm hal kmanusiaan.
    Hai majdul, knp km g mrasa dilecehkan?? Ko bs ya km mendengr n melihat agama km dijelek2in.
    Kslh diharem tdk hny org2 muslim tp al-Quran jg. Mrka mmbcakn ayat2 tp dg emosi yg menggebu2. Islm tdk prnh mengajarkn sprti itu.

  23. wadaw koq pada ngomongin hareem yaw?
    padahal tu sinetron q tonton ma keluarga ada bapak, ibu, keponakan, dan laen sebangainya
    barang kalee ampe seluruh desa ku ikut nonton padahal klo di tiketin mungkin bisa nyumbang anggaran dewan yang doyan nglencer
    ha…ha….
    klo kita lihat dari berbagai sudut pandang tentang sinetron itu pasti akan begitu banyak pro n kontra, ya kayak sekarang ini!
    seharusnya kita gak usah mengomentari ato pro n kontra tentang sinetron itu, tapi ambil hikmah yang bener-bener hikmahnya n slalu kita laksanakan hikmah itu dengan sungguh-sungguh n mulai dari diri kita yaw gak brow?
    itu cuma sinetrooon beat hiburan rakjat yang ga mungkin mo nglencer ke luar negri cari hiburan, kan bukan anggota dewan!
    ha…..ha…..
    disitu juga baek hikmah e, contoh e bagaimana cara menidurkan anak pake Sholawat Nabi….. pleng tidak itu bisa dicontoh oleh kaum muslimin n muslimat di indonesia, bahwa klo anak sudah sejak kecil dikenalkan oleh Nabinya Insyallah dia akan mendapat Syafaat Nabi Muhammad S.A.W. dan jika jadi pemimpin akan memegang teguh Amanahnya!
    klo kita liat real dilingkungan sekitar kita anak ditidurkan pake andong, sepeda motor ato dongeng, dsb. nie ja da ga da islam islam e blasss, yow ga!
    Jd semua itu tergantung dari sipa yang menafsiri yow ga?
    Selamat menonton bagi yang pro dengan hareem!
    Selamat menonton acara televisi yang laen bagi yang kontraaa!
    salam dari pencinta damai!

  24. Menurut aku sih,sinetron hareem itu lumayan bagus,karna kita bisa ambil banyak hikmah dari sinetron ini,bahwa org yg berjilbab ga semuanya berhati baik,tapi memang banyak juga yg hatinya baik,salah satunya “inayah” sebaiknya cewe2 berjilbab banyak belajar dr tokoh inayah meskipun terlalu lugu,tapi ia penuh kesabaran,sekedar informasi kalau aryo di sinetron hareem bukan lah anak kandung kanjeng doso,melainkan anak angkat,jd kalau suatu saat alur nya berubah misalkan kanjeng doso mati,aryo syah nikahi inayah,..

    Aku cma ga setuju,karna sinetron harem ini,tokoh baiknya kalah melulu,tapi semenjak sinetron hareem open ending mnjd “inayah” rasanya agak aneh gitu,sandi aulia sdh ga pakai jilbab padahal ia cantik bngt kalau pakai jilbab,meskipun sandi kristen,mudah2 ia dpt hidayah.

    Tapi intinya gue suka bngt sinetron ini,coz para pemain acting nya bagus2..sukses buat sinetron inayah,tetaplah religious meski diubah konsepnya.

  25. sinetron yang mengada2, g ad akerjaan, jangan hadiin islam sbagai kedok doong, ga baik di lihat buat anak2 dan remaja,,

  26. inayah loe hrus bersikap pemberani,jng kalem trus…………siapa aja yg jahatih loe,loe hrus lawan jngan tkut oke.

  27. bwt ummi najwa,klihatan lebih cntik kalo buka kerudung.tapi gaya rambutx ketua’an coba ubah gaya rambutx oke……….

  28. sinetron hareem/inayah dapat merusak citra islam,kn dsana mnceritakn kisah seseorang yg kaya yg beristri 5.ada yg mati kawin lagi.msak kanjeng doso mau jadi tukang kawin cie……..poligami tu di larang oleh ALLAH.

  29. secara umum, apapun maksudnya paling banyak sinetron di negeri ini, tidak mendidik, membuat para iobu dan anak menjadi pemalas, kutu tv, meninggalkan yang wajibv demi menyimak kelanjutan kisah sinetron yang disuguhkan, sungguh menyedihkan keadaan ini, potret dari sebuah kegagalan berpola pikir..orang2 pada kebulan, kita malah duduk didepan tv, mulai dari gemuk ingga kurus didepan tv, dengan tontonan tak mendidik.. naudzubillah

  30. ya ampun kalian ini msh sibuk ngebhs sinetron toh? Kalo gue emang dah lama ga nongkrongin snetrn dah sejak beratus thn yg lalu kalee(hehe..lebay amat gue), sinetrn tuh mana ada yg bagus, kalopun ada yg bagus, dah pasti deh tuh sinetrn nyontek drama korea ato jepang. Makanya gue sukanya nonton drama jepang dan korea, nah banyak buanget tuh drama jepang or korea yg bermutu,lucu dan bermakna. Contohnya ya :nobuta wo produce,gokusen,dragon zakura,kurosagi,1 litle of tears,jewel in the palace, wah msh bnyak lg deh, capek gue ngetiknya. Gua berharap bngt ada sinetron indo yg brkualitas dan orignal tentunya alias bukan nyontek drama korea or jepang. O iya ada satu ding snetrn yg bagus Para Pencari Tuhan,kalo film indo yg bgs menurt gue cuma ada 2, laskar pelangi ama naga bonar jd 2.

  31. ada yang pro-ada yang kontra..sadar ngk sih itu semua nunjukin ego…..biar sajalah masing2 menterjemahkan menurut persepsi ….nantikan akan keliatan perbedaan penterjemah yang baik atau tidak..kenapa sih harus repot mempengaruhi orang lain agar sesuai dgn keinginan kita….

  32. halaaaah…ndak usah pada ribut ko’ ngene…sing penting iku kan ene’ duwi’e….hheeeeh ribute anak iki,…

  33. wong ko’ pada ribut ngomong iki…iku…halaaah wong kalian ndak mbayar iki…wis tinggal nontoon ae kok repot…..lihat bagaimana aktingku?…bagus to….hehehe iyo lah sopo ndisek…aku..umi desi…

  34. hinayah kamu jangan takut tentang tanggapan masyarakat yang menyakitkan tapi sinetron kamu tetap keren dan bermanfaat,wahh aryo gakk betah yach ama si sheila soalnya nempeeel teruuuus kayak perangko cape deeeh,hinayah kamu itu cocok ama aryo tapi kenapa kamu malah menikah dengan kandjeng doso,sabar yach buat hinayah gara gara perbuatan sih umy dessy yang selalu kejam ama kamu hinayah,ini juga siiiih si sheila jahatnya minta ampun,ama hinayah,eh doso jadi orang jangan menyiksa istri doooong nanti kalo jadi duda gwimana kan situ juga yang repot doooso meningan serahkan saja pada aryo doso nanti tak jitak galak sih jadi suami,doso kan kamu itu kayane minta ampun beliin aku behel doong yang mahal yang harganya 19.000.000 katanya brangkasnya gedweee buanget yach beliiin aku mobil dooong ah si doso pelit buanged deeeeeh,perlu kamu tau doso saya ngene umurnya masih muda saya akan putusin pacar saya lalu kamu nikahi saya doso,ok,ok,ok,ok

  35. sayang amrosi cs dah ga ada klo ada gw minta mereka bom bardir tempat shoting mereka. ato sekalian indosiarnya kali…
    kalian selalu menyakiti hati umat islam….
    klo gini caranya SYARIAT ISLAM HARGA MATI

  36. Menurut saya sinetron Hareem ini gak terlalu merusak akida Islam juga kok,kan pak doso selalu berpilku adil kepada istri-istrinya,wlaupun dia sering tidak adil,karna dia di pengaruhi 0leh Umi DESI yang jahat…saya mohon umi desi segera di keluarkan aja dari sinetr0n HAREEM,Umi DESI lebih baik main Di TAWA SUTRA aja…
    Oya sya mau tanya,???….knp sich Hareem di ganti nama dengan INAYA….!!!

  37. tolong sinetron ini jangan dibawa2 kehal-hal yang luar biasa menghina islam lah karena banyak sinetron yang lain yang jelas-jelas menghina islam tapi karena tokohnya jadi jagoan orang2 yang ribut malah diam aja. ada sinetron tentang setan atau dukun terus ada tokoh kyai atau ustad yang sakti mandra guna mengalahkan mereka pasti para muslim pada senang tapi dibalik itu mereka nggak sadar bahwa ajaran islam paling banter cuma untuk ngusir setan doa/mantranya sangat ampuh made in arab

  38. Aq Pertama suka bgt ama ceritanya,,, tp lama2 ternyata bikin kesal dech,,

    apalg ama si umi desi dan seila!!!
    mereka jahat banget!!!
    kenapa sich si Refi ikut2,,

    Knapa ReVinya Di ganti???

    Tp Yach ngk apa2 sich coz penggantinya keren juga!!!

    Tp skrang aQ dah beci bgt ama si Kanjeng Doso,,. Nambah istri Lg trus ngak tau kalo istrinya itu lebih berbisa dari si Umi Desi!!!

    Ceritanya Jgn Terlalu Bertele-tele Dong BoSeN kan NontoNya!!

    aq Sneng NonTon Inayah karena Disitu ada pacar Aq Tommy Kurniawan…
    Salam Yach Wat Dy!!!

  39. menurut saya sinetron Harem yang telah ganti judul dengan Inayah itu Film busuk! kumpulan orang2 brengsex! begitu juga dengan produsernya,sutradara n artis artisnya…orang2 bodoh,tolol,bejat…TUTUP AJA TU SINETRON GANTI YANG BERMANFAAT

  40. Inayah itu kok yo lembek banget yoo.. Terlalu Nrimo…
    Kayaknya gak abis ni sinetron.. abiss Desi mati Muncul Sarah.. Cape deh… Gak Mutu Banget Mbosenin

  41. CERITA YG MENYUDUTKAN AGAMA ISLAM, TENTU DISENGAJAKAN SUPAYA ADA ORANG YG PRO DAN KONTRA. SEHINGGA SINETRON BUSUK DAN TIDAK BERMUTU INI AKAN DILIHAT ORANG RAMAI. BAKAR AJA SINETRON2 YG SELALU MEMBURUK2KAN ISLAM. SEBAB INDONESIA PEMELUK ISLAM TERAMAI DIDUNIA.

  42. TANGAN2 YAHUDI DAN NASRANI INGIN SEKALI MEMBURUK2 KAN CITRA ISLAM. HARAM MENONTON CERITA, SINETRON ATAUPUN FILEM YG SEPERTI INI KEPADA MUSLIM.

  43. Banyak org yg mengaku islam dan sok pintar, sok modern, sok moderat dan liberal tapi goblog bangat, dan berani membuat sinetron yg bernafaskan islam. Padahal mereka sangat tidak paham tentang agama Islam. mereka hanya memperturutkan hawa nafsunya sehingga sadar atau tdk sadar telah menjadi pengikut dajal atau sipembohong. Yg mana sifat-sifat dajal adalah pintar membuat/merekayasa yg batil seolah-olah benar, sedangkan yg benar seolah-olah terlihat batil. Atau dg perumpamaan: bahwa dajal itu memberikan sorga padahal yg di berikan adalah neraka sedangkan neraka yg diberikan, yg sebenarnya adalah sorga. Golongan ini sedang berkembang pada zaman ini yaitu berbagai aliran (isme) yg di bawa dari kebudayaan eropa seperti komunisme, darwinisme, liberalisme, pluralisme dan segala macamnya. Di indonesia sekarang ada yg dinamakan Jaringan Iblis Liberal (JIL) yg mengambil paham dajal yg berasaskan liberalisme dan pluralisme yg sedang gencar-gencarnya merusak umat Islam. Mereka mengaku umat islam padahal mereka itu adalah kelompok dajal. Bagi umat islam yg lemah imannya akan sangat mudah dipengaruhi oleh kelompok ini. Saya sangat berharap pd pemerintah supaya semua sinetron yg tidak mendidik dan merusak generasi muda (sinetron rekayasa paham dajal) harus dihapuskan di setiap media televisi di indonesia. Saya berdoa supaya pemerintah bisa membedakan mana yg sorga dan mana yg neraka. Soalnya kalau pemerintah tidak jeli maka pemerintah akan memilih sorga yg diberikan dajal, padahal itu adalah neraka.

  44. sebaiknay ustad yang membuat crita ini cepat tobat, jangan diteruskan film ini. isinya cuma perbuatan2 tidak terpuji. seperrtinya yang jahat selalu di buat menang.

  45. Inayah gue mhon jangan telalu bungol ,,sok suci
    padahal kaya
    lonte

    apalagi sarah kaya barok .Dagu pendek

    apa lagi doso pantek ,bungol ,gila ,

  46. Hari gene nonton inayah??sudah g zaman….
    kayak nonton ibu tiri yang kejam aja…
    yang uda g ada kandungan peri kemanusiaan aja…
    mending nonton film yg ky empat mata yg bisa buat ketawa,..
    bisa bikin happy..

  47. Romo doso jadi laki-laki kok goblok….
    tidak berperasaan n g punya otak!
    jadinya cuma marah2 doank…
    inayah-inayah….km juga kok lemah banget siy jd orang???
    tidak punya kekuatan n keberanian apa2….

    penonton jadi kecewaaaaaaaaaaaaaaaaaaa…………………..

  48. sinetron inayah itu pertama-tamanya aja bagus tapi lama kelamaan kok gak bagus. inayah terlampau bego dan polos, gak bisa melawan dan berusaha , bisanya pasrah dan dirinya diinjak injakm orang, semenjak ada ratu ulo(sarah) filmnya makin gak karuan

  49. pameran utamanya pengecut, bodoh dan tidak normal. Semut aja kalau diinjak akan menggigit. Sudabh berulang-ulang kali dikerjain tetap aja kagak ngerti bakal dikerjaain. Bikin dong penonton sedikit senang karena penderitaan terus menerus menjadi si bintang mampu membela diri sendiri, cerdas sehingga kebenaran mampu menang. jangan bikin kejahatan merajalela oleh kebodohan tokoh. Manusia seperti inayah adalah manusia tidak bermutu, jangankan membangun negara membangun diri sendiri tidak mampu. Apakah tife inayah inikah masyarakat Indonesia.

  50. Tayangan sinetron itu dari tangan-tangan orang Jahiliyah. Mereka tidak akan rela Islam berkembang dengan kebenarannya sehingga mereka berlomba-lomba untuk merusak citra agama Islam dari berbagai unsur. Semoga Allah mengampuni mereka dan meluruskan jalannya. Amien.

  51. sinetron hareem…. tergantung yang nonton, makanya kalau liat karya orang jagn cari kejelekanny, liatlah pesan positif yang ingin disampaikan. kalau anak-anak nonton ya…harus didampingi dong…yang mendampingi juga harus pintar memberi makna positif dari tontonannya jagn kedepankan negatifnya aja…..cuma agak penasaran bagaimana sutradara mengubah cerita dari hareem jadi inayah apa yang terjadi dengan keluarga doso? nyari infonya dimana ya…….

  52. mengapa cerita harem harus seperti itu . seharus nya yang baik nya saja pak peroduser ok. saya suka sinetron itu tapi mengapa jadi inayah. males aku nonton nya juga ke malaman. giyu jadi malas sekali lagi

  53. Kalo ada yg ga suka dg sinetron hareem atau sekaran inayah… ngapain kalian maki2 sinetron itu terus.kalo ga suka ya udah pindah chanel lain aja atau matikan tv anda ga usah ditonton. beres kan…gt aja kok repot. Kalo ada yg suka dg sinetron itu, itu kan hak orang. Kalo jd orang jaman sekarang ini harus pintar. ada tayangan kita harus cerdas menelaah baik buruknya, yg baik dicontoh yg tdk baik jgn ditiru.

  54. duh sinetron inayah….cape deh udah bosen tapi tetep di tonton hihihi,maap nih pa produser pemeran utamanya bisa di ganti ga?ga pantes secara shandi aulia nya bukan islam 100%,ganti donk oh satu lagi pak,kapan tamatnya….??????????

  55. Sinetron di hampir semua televisi Indonesia sangat-sangat menggiriskan. Setahu saya, para sinetronmaker ini selalu berandai-anda adegan yang kira-kira membuat penonton senang, yang kira-kira membuat rating bagus. Ya iyalah, rating itu didasarkan bukan pada mutu dan/atau minat pemirsa, tetapi rating didasarkan oleh kepentingan di balik perusahaan pembuat rating yang katanya kredibel….

    Kalau mau wajah televisi Indonesia kembali menjadi jernih dan Indonesiawi, TOLAK RATING yang diselenggarakan oleh AC Nielsen. Omong kosong semua itu….

    Proses penghancuran budaya, norma dan etika bangsa ini sedang berlangsung terus menerus…para pembuat kebijakan diam saja karena ada dana yang mengalir sangat besar ke kantopng-kantong mereka….Sebagian besar petinggi negeri yang korup, berselingkuh dengan ‘penjajah Zionis’….TOLAK RATING!!!!!!

  56. sudah bredel habis film perusak moral agama islam penulisnya produser belaga pilon kagak mau tahu mau mencari keuntungan dengan merusak islam hati-hati kawan seiman, israel dengan yahudi sudah merasuki jiwa-jiwa orang yang kemaruk akan duniawi penulisnya bego berniat hancurkan islam dengan tayangan tidak bermoral dan tidak mendidik kemana aja hai bsf jangan hanya terima duit langsung lolos gitu aja ingat pertanggung jawabanmu di akhirat stop segera atau umat islam yang akan memaksa menyetop tayangan brengsek itu

  57. orang boleh mempunyai pardigma macam-macam memang akhidah harus selalu dipatuhi,. tapi jangan terus melupakan orang islam yang ada di Indonesia dengan berjuang menyelamatkan umat islam diseluruh dunia sedangkan yang di negara kita saja sering kita lupakan bahkan tidak kita hiraukan keberadaannya

News Feed