Soeharto Disebut Pahlawan, PKS Incar Duit Cendana

soeharto-pks

Pangamat Politik Universitas Paramadina Yudi Latif mengklaim pertimbangan pemuatan mantan Presiden Soeharto dalam iklan politik Partai Keadilan Sejahtera (PKS) adalah pragmatis.

“Mungkin tujuannya untuk mengumpulkan sumberdaya politik atau sumberdaya finansial pendukung Soeharto (Cendana, red),” ujar Yudi saat ditemui di sela-sela Simposium Nasional PKB, di Balai Kartini Jakarta, Selasa (11/11/2008).

Yudi megatakan, citra Soeharto yang korup dan pelanggar HAM hanya dipahami sejumlah elit. Masih banyak masyarakat yang lebih mengidolakan mantan penguasa orde baru itu. Hal itulah, lanjut Yudi, yang dimanfaatkan PKS.

Dia juga menengarai, PKS mencoba memperlebar basis dukungan, karena menyadari basis Islam saja tak cukup untuk mendukung partainya dalam pemilu legislatif mendatang.

“PKS ingin perluas basis dan jaringan konstituensi politiknya. Seperti yang dikatakan Amien Rais, baju Islam saja kesempitan, ini yang disadari PKS,” jelasnya.

Namun, Yudi memprediksi strategi perluasan PKS ini tidak akan berhasil. Sebab para tokoh tersebut sudah memiliki parpol yang bergantung pada jaringan seputar mereka.

“Simpatisan Soeharto misalnya, kan sudah ada di PKPB, Golkar, Gerindra, atau Hanura,” pungkasnya. (okezone, Selasa, 11 November 2008 – 14:21 wib)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 comments

  1. 1.Fenomena baru, surprise baru, paradigma baru dari PKS.
    Nampaknya PKS nggak tahan juga untuk bersikukuh pada tatanan nilai awal yang coba ditanamnya di benak publik, tanpa ikut2an arus besar yang belakangan berkembang.
    2.Bravo PKS!. Selamat bermetamorfosis menjadi PARTAI KRONI SOEHARTO.
    3.PKS itu partai wong cilik juga kan? Ngomong2 kapan nih bagi2 ‘tumpeng’ dari Cendana? Tak tunggu lho…

  2. mungkin sebentar lagi pks akan beriklan dengan ide cerita “tokoh panutan global”. tokoh2nya adalah hitler, napoleon, raja fahd, carter dll. tujuannya adalah supaya baju partainya kedodoran dan tidak kesempitan lagi.
    menghalalkan segala cara demi menggapai tujuan? selogan ini milik yahudi lo, sudah dapat copyratenya/

  3. Jadi ada persaingan menarik dana dari rekening luar negeri (offshore account) hasil tabungan Cendana.
    Yang ikutan tuh:
    Hanura
    Golkar
    Gerindra
    terakhir…PKS
    semoga berhasil aja deh mengeruk dana itu, itung2 menarik kembali devisa yg kabur ke luar negeri.
    Tapi yang jelas, “Adil” dalam PKS sudah tidak memiliki makna lagi.

  4. PKS….PKS….Capeee Deeehhhhh…..!!!!! Ketik REG_(Spasi) PENJILAT Kirim ke Dubes SAUDI dan AMERIKA Menangkan Paket Ziarah Ekslusif ke Makam Syuhada Teroris+++

  5. Walaupun non muslim, saya dulu termasuk pengagum PKS… mesin politik berjalan baik dan bersih dari korupsi…

    lha sekarang?

    “Topeng by Peterpan” hits….

    Buka dulu topengmu….buka dulu topengmu…
    Biar kulihat warnamu…biar kulihat warnamu……

  6. Permainan Politik yang tidak elegan dan tidak cantik…..Justru ketika PKS membuat terobosan2 seperti mengedepankan orde baru dan Pluralis agama dalam keanggotaan PKS akan menjadi preseden buruk untuk Partai2 yang konsisten pada keagamaan dalam hal ini ISLAM di mata para masyarakat yang haus akan semangat perjuangan Islam….apa bedanya PKS dengan GOLKAR, PDI-P, PAN dan partai2 lain….Lebih baik PKS segera memberikan kejelasan bahwa PKS bukan Partai ISLAM tapi PARTAI NASIONALIS dan PLURALIS….JAdi simpatisan PKS yang berjenggot bisa klimis dan tidak harus memakai tabir penutup….tapi Bravo buat PKS sudah membuat terobosan ke jurang kekalahan…dan perpecahan dalam kubu PKS antara kelompok Konservatif dan Oportunis….

  7. ass.wr.wb
    wow!Raja Saudi dan Presiden Israel Akan Santap Bersama
    begitulah yang terjadi di dunia,dindonesia ngga mau kalah kalau raja nya santap bersama maka anak buahnya sarapan bersama.
    Soeharto Disebut Pahlawan, PKS Incar Duit Cendana

  8. Cari partai mana yang Anda sebut baik? Partai mana yang datang saat tsunami aceh, gempa jogya, dan partai yang mengembalikan dana suap terbesar ? Partai mana yang tokohnya mempelopori gerakan nasional untuk palestina (Pak Soeripto)? Kalau jawabannya masih PKS, maka kata2 orang2 di atas (termasuk artikel ini) yang hanya melihat dalam kontekstual iklan hanya mencerminkan SEMPITnya cara berpikir orang yang membuat artikel dan memberi komentar di atas

  9. Partai mana yg memanfaatkan dana amal dari NGO Timur Tengah yg sejatinya utk charity tp ternyata dipakainya seakan2 itu sumbangannya? Bahkan utk operasionalnya? Operasional koq di hotel berbintang, sementara rakyat yg mau disumbang tidur dg tenda seadanya?Partai mana yg sibuk mencitrakan diri ‘bersih’ menjelang Pemilu, berjanji mengembalikan dana legislasi utk rapat penyusunan UU (“krn kita semua kan sdh dapat gaji sbg anggota dewan”), tp kenyataannya tdk mengembalikan uang tsb? (sdh kami berikan kepd rakyat berbentuk sumbangan saat bencana). Membela Palestina? Beberapa kali kami ke DPR, sala satunya utk menyuarakan penolakan atas keterlibatan Indonesia di Annapolis dan menyuarakan hak2 Palestina, tp tak ada 1pun wakil PKS yg menemui, hanya wakil dari 3 partai lain.Capek ah…

  10. apa hubungan antara laporan yang lengkap dengan keadilan?
    Bung, tidak ada pihak yang lebih lengkap melakukan pendataan selain Nazi Jerman..silahkan cek, barangkali ada leluhur Anda yang dieksekusi di Auswitch….
    Adapun PKS? Sejauh ini terbukti sebagai yang paling “sok suci”…
    We have eyes dude…dan gak segampang itu didoktrinasi.

  11. Gw setuju dengan tindakan PKS ini, bahkan kini PKS menjalin harmoni yang manis sekali dengan PDIP, gk salah toh? Yang penting adalah suara!
    Tidak perlu berbaju sempit lagi,sekarang era nya buka-buka an. Masalah akidah belakangan, itu bisa diatur di majelis2 taklim setempat

    GO PKS!

  12. Aduuh knp c org2 hobinya pd ribut.Qta liat aja nanti partai mn yg plg kena d hati rakyat.Apapun yg trjadi itu adalah KEHENDAK TUHAN.Dan itu adalah YANG TERBAIK utk qta smua..Klo ada yg kcewa dgn sbh partai or ormas,brbicaralah dgn mrk dgn kpala dingin.Dan brhenti NEGATIF THINKING..Mgkn bangsa ini mmng blm bs BRDEMOKRASI DGN AKAL DAN HATI YG BERSIH SERTA KETAATAN PD TUHAN.Bangsa ini br bs BRDEMOKRASI DGN EGO.Smoga prediksi org luar tdk trjadi thd INDONESIA.Bhwa INDONESIA akan HANCUR-PECAH-HILANG dr dunia akibat DEMOKRASI..

  13. Program “anti korupsi” PKS yang selama ini diteriak2an tampaknya sudah mulai tak laku, kalah dengan sepak terjang KPK dan batasan undang-undang yang mengaturnya. PKS kini tak bisa menganggap diri “paling suci” lagi.
    takut kekurangan pendukung, PKS menyelam di cendana, yang masih punya “nama” di sudut2 indonesia, sambil minum “air” cendana, agar kas partai tetap terjaga.
    dana dr timteng masih kurang pak??

  14. PKS, tetep seperti dulu kok… yang masih bertahan dengan Slogan peduli, bersih dan profesional. Ayolah kawan, biasakan berbicara sebelum menyelaminya. ayo, cobalah kenal lebih dekat ke PKS. niscaya banyak hal yang kan kau dapatkan. saya kenal beberapa orang PKS, subhanallah… mereka tetep bertahan dengan keislamannya, ditengah2 masyarakat. saya kagum dengan mereka, bahkan saya ingin ikut dengan mereka. Saya mendukungmu PKS, semangatlah, dan bersabarlah, karena untuk merubah paradigma berfikir negeri ini butuh kesabaran… bener.. butuh kesabaran. jangan mundur, sebelum kau berhasil merubahnya. semangat!! kemenanganmu di depan mata, tinggal bagaimana kau menyusun strategi jitu untuk mulai merancang indonesia MAndiri. semangat!!

  15. Kepada para pembela pks, kalian jangan memberikan pembelaan secara membabi buta. Kalian harus tau alasan sebenarnya dari pks, kenapa membuat iklan seperti itu? Tanya apa DALIL atau HUJJAH nya. Boleh tetap semangat kalau di atas kebenaran.

  16. Salut buat PKS, selalu menghasilkan ide-ide baru, yang tidak hanya berfikir di tataran permukaan, tetapi lebih mendalam. Kalau memang ada tuduhan mendekati uang cendana, berikan bukti dong, akan kapan, dimana, sumbernya siapa,valid atau tidak, ada sumber tertulis ga,jadi kita tidak terbiasa berprasangka.kalau hanya dugaan itu bisa membuat negatif citra sesuatu/seseorang. mengenai pahlawan, semua pahlawan ada sisi baik dan buruknya, mengingat dia juga manusia, jadi tidak mesti yang diangkat jadi pahlawan harus sempurna tanpa dosa, Jendral Sudirman mempunyai kelemahan fisik saat terakhirnya berjuang walaupun dia tetap tegar, Soekarno dituduh kekirian dan korupsi di seratus menteri, dll, jadi setiap pahlawan pasti ada sisi yang kurang sebagai manusia. dilain topik PKS masih dilihat agak eksklusif, karena memang sangat menerapkan ajaran islam secara fundamental dan modern,sebenarnya cukup bagus, hanya mungkin kalau mau lebih terbuka lagi, dapat dilakukan misalnya; salah satu caleg PKS ada yang non-muslim, itu juga kalau bisa.walaupun hampir tidak mungkin merealisasikannya

News Feed