"TALBIS"

"TALBIS"

Allah berfirman dalam ayat 42 surah Al-Baqarah, "Dan janganlah kamu campuradukkan kebenaran dengan kebatilan dan (janganlah) kamu sembunyikan kebenaran, sedangkan kamu mengetahuinya."

Dalam ayat tersebut tertera kata la talbisu yang berarti jangan mengacaukan atau jangan mengaburkan. Kata bendanya adalah talbis.

Terinspirasi oleh ayat ini,  Ibnul Jauzi, seorang ulama terkemuka dari abad ke-12 menulis Buku "Talbis Iblis" (Perangkap Setan) Dalam buku ini, Ibnul Jauzi menguraikan berbagai tipu daya dan perangkap yang digunakan oleh setan (Iblis) untuk menyesatkan manusia dan menjauhkannya dari jalan yang benar.

Buku ini secara khusus membahas strategi setan dalam mempengaruhi perilaku manusia, menggoda manusia untuk melakukan dosa, menghalangi mereka dari berbuat kebaikan, serta cara-cara setan merayu dan menjebak manusia agar terjatuh dalam dosa dan kesesatan.

Iblis punya pengertian primer, yaitu sosok jin yang membangkang ketika diperintahkan bersujud di hadapan Adam, dan pengertian sekunder, yaitu siapa pun yang mengajak manusia melakukan perbuatan buruk yang merupakan pembangkangan terhadap Tuhan dengan cara mengaburkan baik dan buruk dan mengaduk kebenaran dengan kepalsuan demi mengacaukan nalar manusia.

 

Talbis dalam bahasa Inggris disebut misrepresentasi, yaitu  tindakan memberikan informasi yang salah atau menyesatkan dengan sengaja, dengan tujuan untuk menipu, menyesatkan, atau mencurangi orang lain.

Dalam konteks hukum, misrepresentasi dapat terjadi ketika seseorang dengan sengaja memberikan informasi palsu atau menyesatkan kepada pihak lain, yang kemudian menyebabkan pihak tersebut menderita kerugian atau merugikan dirinya.

Misrepresentasi dapat terjadi dalam berbagai situasi, termasuk dalam transaksi bisnis, perjanjian kontrak, penjualan barang, atau penyajian informasi publik. Contoh misrepresentasi meliputi memberikan informasi palsu tentang kualitas produk, menyembunyikan informasi penting, atau memberikan janji palsu dengan tujuan untuk menguntungkan diri sendiri.

Efek atau produk talbis adalah talabbus. Ia adalah situasi dan kondisi keremangan atau kompleksitas dalam aspek tertentu yang menyebabkan kebingungan atau kekeliruan. Ia bisa disebabkan oleh bertentangannya informasi, ketidakjelasan petunjuk, atau sinyal yang tidak jelas.

 Orang-orang yang sejak semula memihak keburukan memerlukan pemantik untuk mengungkap diri mereka dengan busana "talabbusat dan isu remang-remang yang bisa dimanipulasi.

Orang-orang yang punya  kecenderungan agresi dan negativitas memerlukan pemicu atau situasi tertentu untuk memungkinkan diri mereka melepaskan kendali dan mengungkapkan sisi buruk dari diri mereka dengan dengan menggunakan busana isu ambigu dan info remang-remang yang bisa dimanipulasi.sebagai argumen klaim yang selaras dengan kepentingan mereka.

 Salah satu produk talbis adalah manipulasi klausa sains seputar DNA. Orang-orang awam mangsa talbis ikut-ikutan jadi rasis seraya berseloroh "Tes DNA aja!"

Read more