Temuan Blue Energy Tak Logis

Jika ada yang meragukan inovasi air laut menjadi bahan bakar alias blue energy temuan Joko Suprapto, Eko Aji adalah salah satunya. Keraguan ini muncul setelah dia berdiskusi dengan tim blue energy dalam ajang Konferensi Internasional Perubahan Iklim di Bali Desember 2007 lalu.

“Kalau ditanya lebih dalam seperti tidak terbuka, ada semacam ada kebohongan,” kata Eko Aji yang menjabat sebagai Lead Consultant UNDP dan BPPT saat berbincang dengan detikcom lewat telepon, Senin (26/5/2008).

Eko bersama tim dari BPPT mengaku menyambangi booth tim blue energy sebanyak 2 kali. Dan sesuai logika berpikir peneliti jelas-jelas air laut tanpa proses tertentu tidak mungkin menjadi bensin.

“Jadi mereka mengaku air laut itu dicampur dengan senyawa tertentu, lalu berubah menjadi bensin. Tapi mereka tidak mau menjelaskan bagaimana prosesnya. Dan yang kita lihat hanya hasil akhir yaitu bensin atau solar yang dimasukkan ke mobil. Dan itu tidak pakai alat lagi,” jelasnya.

Eko menjelaskan sesuai teori, air laut dan bensin yang berasal dari fosil memiliki senyawa berbeda. “Ini bagaimana caranya, ada senyawa kimia berbeda. Di energi fosil ikatan karbon itu ikatan C, jadi kalau di air atau H, dapat unsur C-nya dari mana. Itu kan H20, itu air laut. Bayangkan air jadi BBM, ini tidak logis,” jelasnya.

Eko lalu bercerita, saat berbincang dengan anggota tim blue energy mereka membanggakan hasil temuan itu. Bahkan bila diproduksi massal harga jualnya hanya mencapai Rp 3 ribu, anehnya mereka tidak mau mempatenkan temuannya ini.

“Mereka mengaku memproses air laut menjadi bahan bakar tidak pakai alat, hanya dicampur senyawa tertentu. Ada spesial khusus, tapi mereka tidak mau memberi tahu,” kata Eko yang tengah meneliti Micro Turbin Cogeneration ini.

Tim blue energy sempat berjanji akan memberi sampel untuk diuji di laboratorium Balai Besar Teknologi Energi (B2TE) di Serpong. “Kami undang untuk diskusi, juga dibantu untuk sertifikasi, tapi tidak pernah datang,” ujarnya.

Menurut Eko, sebagai perbandingan, proses sintesa bahan bakar biofuel saja sangat mahal, sehingga bila air laut hanya dicampur saja dengan senyawa tertentu — tanpa butuh alat — kemudian jadi bahan bakar sangat tidak rasional.

“Ada gambar-gambar, memang mereka tunjukkan. Tapi tetap saja tidak masuk akal. Jadi seperti berbicara di dunia klenik. Ya saya kasihan saja proyek ini sampai ke ring 1,” tutup Eko. (detikcom)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 comments

  1. Dalam situasi yang tidak menentu akibat BBM melambung dipasar dunia SBY menerima bisikan tentang blue energy maka tanpa upaya ilmiah semua berjalan dan begitu dia raib berita hebohnya makin mengemuka ada apa, kenapa dan sederet tanya mungkinkah itu ada ?

  2. Logika apa yang hendak dibantah perihal Blue Energy ini?
    Blue energy bisa menghasilkan energy dan di saat yang sama tidak bisa menghasilkan energy. Itu baru tidak logis!
    Artinya, secara logis air menjadi sumber energy bukanlah hal yang TIDAK LOGIS. Kalau perkara teknisnya belum diketahui, itu lain soal.
    Wallahu’alam

  3. Dear …

    Yang jelas energi bukan hanya dari senyawa tertentu yang sudah diuji coba menjadi energy sekarang. Seperti juga bukan hanya berasal dari fosil.

    Matahari dan lainnya jelas penting untuk dikembangkan lebih jauh, agar kiranya rakyat kecil bisa keluar dari ketergantungan kapitalistik yang tamak dan “membunuh”.

    Kita tunggu pejuang2 energi yang tak bisa “dibeli” oleh korporasi kapital global !!

  4. numpang populer dari penelitian klenik….
    hydro carbon itu ada rantai C mas
    klau air itu nggak ada C nya….

    buat mas trixi sampeyan belajar kimia nggak…sok mau ajah dikibuli…

    kalau mau misahin H2O itu maka salah satu prosesnya elektrolisa…dan itu artinya perlu listrik…lah kalau biayanya bikin listrik lebih mahal dari bikin bbakar itu maka itu artinya penelitian DODOL….

    H yg lepsnya kalau gas bisa beresiko menjadi sumber api , atau mudah meledak bila ada api dan bila bereaksi dengan udara maka dia jadi api
    jadi nggak gampang kecuali penelitian klenik….

    cilakanya presiden mu percaya karo klenik mas trixi…podo karo sampeyan…

  5. Dear …

    Sabar Mas Trixi, yang sok tahu itu banyak, atau pura2 canggih itu banyak.
    Tapi jelas kok buat yang “rajin” mikir dan nggak “Grasa-grusu” ngomong, plus “teliti” kalo kemungkinan energi air itu sudah banyak.

    Iran sekarang bukan ngarepin di air ada listrik ajahh, tapi kalo tepat nge-lektrolis-nya + hitungan cold fusion-nya masuk (thermodynamic), ada bahan bakar pengganda model “uranium” (mungkin PALLADIUM) dengan jenis yang “light” dan “murah”.

    Orang Pinter itu sabar Mas Trix …
    C U 4gain.

  6. Mr. Bob, kenapa sinis?

    FYI:
    Air sangat MUNGKIN menjadi sumber energy EKSOTERMAL yang gede banget…kalau saja ada yang bisa meniru apa yang terjadi di MATAHARI sana yang menggabungkan dua inti atom Hidrogen menjadi Satu atom Helium (NUKLIR FUSI) (Dan dari mana lagi di bumi kita bisa dapet hidrogen kalo bukan dari AIR? Kecuali ada yang mau buka tambang gas di Jupiter sana. Kenapa? karena escape velocity dari gas hidrogen -H2- lebih besar daripada gravitasi bumi)
    FYI juga, Minyak Bumi BUKAN sumber energi, ia hanyalah sejenis PENYIMPAN ENERGI. Dulunya energinya berasal dari matahari, diserap jadi karbohidrat/glukosa oleh tanaman lewat fotosintesis, lalu dimakan oleh hewan purba yang kemudian mati, terkubur, dan selama jutaan tahun berubah menjadi Minyak Bumi. Jadi, anggaplah Minyak Fosil sebagai Batere JUTAAN TAHUN yang sumber energinya tetap aja dari penggabungan Hidrogen di Matahari sana.
    Saya bisa pastikan, kecuali energi panas bumi dan nuklir fisi maupun fusi, SEMUA energi yang bisa kita nikmatin sekarang berasal dari MATAHARI.

    Jadi, Anda tidak terlalu butuh atom C untuk dapat energi.
    Dan apakah Anda bisa memastikan kalau SATU-SATUNYA cara untuk mengambil Hidrogen dari Air adalah dengan ELEKTROLISIS? Pernahkah dengar THERMOLYSIS? atau proses produksi H2 dengan ALGA/BAKTERI?

    Klenik, I don’t think so.
    Saya kebetulan dulu udah ngambil mata kuliah Kimia Dasar, dulu waktu di Bandung sana…Trus Fisika Dasar, Modern, Kuantum, Gelombang,..dll….dan dari 144 SKS di sana saya bisa simpulkan kalau MASIH BANYAK yang belum kita KETAHUI di alam ini. Sedemikian banyak yang belum kita ketahui untuk SAMA SEKALI memustahilkan kemungkinan mengambil energi dari air.
    Thanks.
    Wallahu’alam

  7. kalo mengambil tenaga dari air, memang bisa dengan bakteri dengan microbial fuel cell, tapi tenaga yang dibangkitkannya masih kecil-kecilan. Tapi lumayan buat nyediain listrik untuk instrumen pengolahan limbah.

    bahkan katanya, entah bener apa nggak, universitas Texas sudah merekayasa bakteri E. Coli yang dirusak beberapa gennya sehingga bisa menghasilkan ion 40 kali dari E. Coli normal.

  8. to darmatriadi

    saya katakan bukan tdk mungkin…anda baca tulisan saya..dan elektrolisis itu bukan satunya….dan yg paling utama…konteksnya adalah
    penelitian Pak joko yg nggak puguh…itu..

    kalo yg sampeyan sebut itu…benar itu semua kemungkinan tapi pertanyaan saya apakah itu yg dilakukan oleh Pak joko yg tdk mau dikonfirmasi penelitiannya…

    semua yg anda jadikan contoh ittu bukan dari air energi eksotermnya tapi dari reaksi fisi atau fusi yg diserap air utk menggerakkan turbin menghasilkan listrik, jadi bukan H dan O harusnya ente bisa bedakan itu.
    bandingkan dengan penelitian Mr joko yg Mr blue energi….

    yg dalam contoh itu memasukkan cairan yg katanya di proses menjadi seperti bensin…sangat jauh berbeda…tapi itu sah..saja selama dia bisa dan mau menjelaskan logika berfikirnya…

    alih2 menjelaskan..malahan…”pura2 hilang”….

    jadi coba kita lihat konteks yg saya kritisi, penelitian Blue energy Mr joko , bukan kemungkinan menghasilkan energi dari berbagai sumber…mas

    pertanyaan berikutnya berapa energi yg di butuhkan kalo ternyata lebih besar maka itu tdk efeisen utk saat ini….
    bandingkan dengan klaim biaya produksi 3000 perak….yg sampai sekarang dan saya yakin nggak akan bisa dijelaskan oleh dia….

  9. Good…. good….
    Kalo Mr Joko mampu mengubah air laut menjadi bensin hanya dengan campuran senyawa tertentu, terlalu mustahil bin musykil. Tetapi kalo air melalui proses tertentu menjadi sumber energi, itu tidak mustahil. Kan ada namanya Bom Hidrogen, gitu sih katanya sewaktu saya ngambil S3 (SD, SMP, SMA, he…he…)

  10. Mas Bob,
    Siapa pula yang hendak membela klaim mr.Joko?
    Lagian yang saya katakan dalam komentar awal saya adalah:
    Secara LOGIKA, yang mustahil adalah: “Blue Energy menghasilkan energy dan di saat yang sama tidak menghasilkan energy.”
    Masih banyak yang belum dijelaskan sains…kalaupun memang dia layak untuk menjelaskan sesuatu. Dan sains berbeda dengan logika, seperti Hidorgen beda sama Oksigen.
    Jadi yang saya kometari adalah premis logikanya, mas bob, bukan ngebelain Blue Energy…
    OK mas bob?
    Biar gak missing link aja…
    Damar triadi = trixi
    Thanks
    Dan yep…saya setuju kalo masih mengandalkan energi yang keluar dari perpindahan orbit elektron, maka air masih belum bisa dijadiin sumber energi
    Tapi, once again I must say, kalau energinya diambil dari inti atom-nya, maka akan menghasilkan energi net-eksoterm.
    Dan masih mungkin energinya diambil dari sumber-sumber yang belum dikenal sains sekarang, entah itu “Zero Point Energy” atau apalah…God knows.
    Wallahu’alam

  11. Dear …

    Kalo terburu-buru merasa pinter memang gitu Trix. Dikiranya gak ada orang lain yang mungkin juga tinggi analisisnya. Perasaan Ujub dan Takabur dalam bahasan Arbauna Hadits memang mengerikan.

    Terlalu cepat menyimpulkan juga mengerikan.

    Terakhir,…
    Menghukumi KASUS lewat berita, yaa jelas keliru !!!
    Apalagi Gak tau persis soal Joko dst. Aduuuhh … jangan “low” gitu dong sikap kita terhadap orang lain.

    Sekali lagi sabar Yaa Trix …

  12. sebagai orang awam ttg dunia energi spt yg ente bicarain, cuma satu hal yg kurasa :D. Aku bingung…. !!! aku cuma butuh liat bukti. apalagi project sudah sampe ring 1 istana. di demokan didepan negara lain lagi. Gimana pak SBY ? Jawab !!!! (hi hi hi…)
    gombal semua klo cuma bisa teori…

  13. Blue energy = HOAX (bohong)
    Lihat aja di wikipedia, cari artikel ttg “gasoline fuel”. Dari dulu emang banyak yang ngaku uda nemuin cara ngubah air jadi BBM, tapi ujung2nya nipu2 doank..

  14. bahan bakar dari air, air digabungin dengan bahan lain jadi bahan bakar sih dari dulu orang sudah tau. Yaitu gas asetilen (karbit). Masukin batu CaC2 atau kalsium karbida ke dalam air, terbentuk gas asetilen yang biasa dipake tukang las dan untuk mempercepat pematangan buah. Tinggal aja gimana bikin kendaraan berbahan bakar karbit dan gimana supaya biayanya bisa lebih murah dari BBM.

  15. mas kalo nggak logis jangan diliput di media audio visual donk!!!!!!
    malu – maluin bangsa indonesia ajah!!!
    udah banyak utang, dapat malu dengan penemuan yang nggak bermutu!

News Feed