Skip to main content

The New Yorker: AS Dalangi Terorisme dalam Iran

By July 9, 20083 Comments

Amerika Serikat tak berkutik ketika rencana operasi rahasianya di Iran terungkap ke publik. Gedung Putih menolak mengomentari lebih jauh mengenai persoalan tersebut.

 

“Saya tidak bisa berkomentar saat ini,” kata jurubicara Gedung Putih Dana Perino seperti dikutip Associated Press, Selasa (1/7/2008).

 

Sebelumnya dalam pemberitaan di Majalah New Yorker terungkap jika kongres Amerika Serikat menyetujui untuk dilakukan operasi rahasia di Iran. Bahkan dana sebesar 400 juta dolar sudah disiapkan untuk menyukseskan operasi tersebut.

 

Ketika ditanyakan apakah Presiden Bush akan menggunakan kekuatan militernya ke Iran sebelum dirinya lengser pada Januari 2009 ini, Perino mengatakan, “Presiden sedang mengusahakan dan terfokus untuk menyelesaikan persoalan ini melalui jalur diplomatik.”

 

Majalah The New Yorker yang mengutip pernyataan mantan pejabat militer, intelijen dan juga kongres, mengatakan dana yang disiapkan untuk menjalankan operasi gelap tersebut untuk menstabilisasi Iran dengan cara menyingkirkan pemimpin dan menahan ambisi negara Islam itu untuk mengembangkan fasilitas nuklirnya. (okezone)