loading...
TINJA WARRIOR
"TINJA WARRIOR". Bila tin berkoalisi dengan ja, ia menjadi kompoisi negatif. Tak banyak yang imenyebutnya, juga tak ada yang ingin mendaur ulangnya. Apa jadinya bila tinja disadingkan dengan karta?

“TINJA WARRIOR”

Tin adalah sebuah kata yang identik dengan Timur Tengah. Ia mungkin punya makna khusus dalam setiap bahasa. Yang pasti tin adalah nama buah yang disebutkan dalam al-Quran. Ia adalah genus tumbuh-tumbuhan yang secara alamiah tumbuh di daerah tropis dengan sejumlah spesies hidup di zona ugahari.

“Tin” bila disandingkan dengan “ta” mengungkap pilar peradaban manusia. Tinta adalah bahan berwarna yang mengandung pigmen warna yang digunakan untuk mewarnai atau menulis di suatu permukaan. Tinta bersama pena dan pensil digunakan untuk menulis dan menggambar.

Tin bila diulang atau digandakan, terdengar lucu dan menghibur. Tintin adalah serial komik yang diciptakan oleh Hergé, seorang artis dari Belgia dan sangat digemari di Indonesia.

Bila tin berkoalisi dengan ja, ia menjadi kompoisi negatif. Tak banyak yang imenyebutnya, juga tak ada yang ingin mendaur ulangnya.

Apa jadinya bila tinja disadingkan dengan karta?

Karta diambil dari bahasa Sanskerta kṛta dan artinya secara harafiah adalah “pekerjaan yang telah dicapai” dari akar kata kṛ yang juga menghasilkan kata “karya” dalam Bahasa Indonesia. Namun dalam bahasa Jawa Kuno ada pergeseran semantik dan artinya menjadi “makmur, maju, sedang berkembang, ulung, sempurna”.

Karta adalah sufiks atau prefiks nama tempat yang banyak dipakai untuk nama-nama tempat di Nusantara. Akhiran ini memiliki beberapa variasi, seperti misalnya: -kertó, -kartó, dan beberapa lainnya.

Tin bila disandingkan dengan Jakarta, bisa mengandung banyak makna dan mengundang kontroversi.

Jakarta adalah ibu kota dan kota terbesar Indonesia yang terletak di estuari Ciliwung di bagian barat laut Jawa. Ia juga pernah disebut Sunda Kelapa dan Jayakarta, Djajakarta, atau Jacatra.

Akhirnya, konon di sebuah karta penghuninya kesulitan mendapatkan air bersih untuk minum. Seorang Tinja Warrior di Tinja Karta berpikir keras demi mengatasi masalah ini karena dia telah disumpah sebagai tinja warrior sejati, lalu muncullah ide pengolahan tinja untuk dijadikan air minum.

Tinja for better life? Why not.. Sorry, not my life!

loading...