Breaking News

TIPE-TIPE INTOLERAN

TIPE-TIPE INTOLERAN

Intoleransi adalah sikap menolak perbedaan. Penolakan terhadap perbedaan muncul karena kebencian. Ada beberapa tipe kebencian yang menjadi ciri khas setiap kelompok intoleran; 1. Kebencian epistemologis, 2. Kebencian psikologis, 3. Kebencian teologis.

Kebencian epistemologis biasanya ditampilkan oleh masyarakat awam yang pada kenyataannya tidak tahu sama sekali soal mazhab, bahkan tidak menyadari mazhabnya sendiri. Ini adalah kebencian yg diakibatkan minimnya data dan lemahnya kemampuan komparasi yang diperkuat oleh provokasi dan propaganda intens kelompok lain yg punya kebencian jenis lain. Terapi dan solusinya: adalah klarifikasi dan penyadaran ttg kronologi munculnya aneka mazhab dalam umat Islam.

Kebencian psikologis. Ia adalah kebencian yang muncul akibat kekhawatiran terhadap berkembangnya jumlah kelompok yang berbeda dengan kelompok mainstream.

Solusinya: evaluasi metode, introspeksi internal kelompok minoritas, silaturahmi, rekonsilasi dan klarifikasi tentang kesamaan-kesamaan teologis, budaya dan ritual dengan cara simpatik kepada pemuka kelompok mainstream.

Kebencian teologis adalah kebencian yang didasarkan pada anggapan bahw selain kelompoknya adalah sesat, musyrik, pemburu murka Allah dan sejuta stigma negatif lainnya.

Solusi dan treatment terhadap kelompok ketiga ini adalah menghadapinya dengan kesabaran sekaligus ketegasan dengan menyingkap borok dan kebusukannya secara ilmiah dengan memanfaatkan sarana-sarana yang efektif dan dengan metode konprehensif melalui koordinasi yang terencana.

Check Also

PRAGMATISME ERDOGAN

PRAGMATISME ERDOGAN Sejak hubungannya dengan Saudi merenggang sebagai efek langsung dari ketegangan politik dan pecah …