TROPI KEBAIKAN

Bila kesempatan berkontribusi dalam program positif impersonal ditawarkan kepada seseorang, maka itu adalah karunia sangka baik, bukan beban.

Kadang seseorang mengajak orang lain ambil bagian dalam aktivitas positif bukan karena dia tak mampu tapi justru karena menghormati kemampuannya.

Kadang tawaran berkontribusi kepada seseorang dengan kemampuan minim karena goodwill justru dipahami sebagai ekspresi kebergantungan.

[ads1]

Inisiasi seseorang/sekelompok relawan (yang layak memikirkan nasib dapurnya) dalam aktivitas yang berguna bagi banyak orang adalah pengorbanan.

Karena kemampuan dengan ragam macamnya, kesempatan dan lainnya yang dimiliki setiap orang adalah karunia yang harus dipertanggungjawabkan saat diaudit oleh Sang Pemberi, mestinya inisiasi berkontribusi dengan memperhatikan skala prioritas dan urgensi merupakan keniscayaan dari kesadaran teologis.

Namun karena keberagamaan dipandang sebagai bagian dari lifestyle, bukan ejawantah dari kesadaran teologis, berkontribusi dalam aktivitas impersonal yang sangat berguna bagi banyak orang kerap dianggap sebagai kedermawanan diri.

News Feed