UE Beri Sanksi Baru atas Iran

Uni Eropa menyetujui untuk menjatuhkan sanksi bagi Iran termasuk pembekuan aset di bank-bank besar terkait penolakan negara itu untuk melakukan penghentian program nuklirnya.


Seperti dikutip Associated Press, Senin (23/6/2008), tapi bagaimanapun juga Uni Eropa tetap membuka pintu untuk melakukan pembicaraan mengenai paket hukuman bagi Iran terkait upaya penghentian pengiriman uranium kepada Iran pada awal bulan ini.


Sanksi yang akan dijatuhkan kepada Iran kemungkinan besar akan dikoordinasikan dengan Amerika Serikat pada pertemuan di bulan ini yang juga akan menargetkan kepada usaha bisnis dan individu yang diduga terkait dengan program nuklir Iran.


“Setiap individu yang terkait akan dilarang memasuki Eropa, dan perusahaan itu akan dilarang untuk beroperasi di Uni Eropa,” kata salah satu petinggi di Uni Eropa.


Sebenarnya Uni Eropa akan segera mengumumkan siapa pihak yang diduga terkait dengan program nuklir di Iran pada Selasa pekan kemarin.


Hukuman itu sendiri akan ditekankan berdasarkan keputusan yang diambil PBB dan enam negara berkuasa yang termasuk ke dalam majelis umum PBB plus Jerman. Merka juga menantikan jawaban dari Iran atas rencana hukuman tersebut. (okezone, Selasa, 24 Juni 2008 – 01:02 wib).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed