UJIAN FINAL

Setiap orang akan mengalami musibah demi musibah sampai mengalami sebuah musibah yang tak terbayang olehnya. Setelah itu, selesailah semua kerisauannya.

Setiap orang akan ditimpa beban demi beban sampai ditimpa sebuah beban yang dirasa tak mampu dipikulnya. Saat itulah ia menentukan kelulusan dan kegagalannya.

Setiap orang akan ditusuk fitnah demi fitnah sampai ia ditusuk sebuah fitnah yang nyaris membunuh jiwanya. Saat itulah dia menentukan nasib dan masadepannya.

Setiap orang akan resah karena kehilangan satu demi satu apapun miliknya sampai ia kehilangan sesuatu yang paling penting baginya. Saat itulah menyadari dirinya.

Setiap orang akan diterkam rasa takut terus menerus sampai dia diterkam sesuatu yang sangat menakutkan. Saat itulah ia terpenjara dalam trauma atau bebas.

Hidup adalah dialektika. Dialektika adalah harmoni dan konflik yang tak lekang waktu. Harmoni dan dialektika menguntungkan dan merugikan. Yang menguntungkan disebut anugerah dan yang merugikan dianggap musibah. Anugerah dan musibah adalah ejawantah dari dialektika.

News Feed