Skip to main content

Uni Eropa: Film ‘Fitna’ Bangkitkan Kebencian

By March 29, 2008No Comments

european_union_cover.jpg

Uni Eropa (UE) mengecam film anti-Islam, ‘Fitna’, yang dilansir Wilders. Film itu tidak memiliki tujuan lain selain membangkitkan kebencian.

Slovenia, yang saat ini menduduki posisi ketua UE, menegaskan hal itu di Brdo melalui pernyataan kepresidenan, Jumat (28/3/2008).

Pernyataan ini lebih tegas dan tajam daripada pernyataan resmi perdana menteri Belanda JP Balkenende, yang sebatas menyebut film itu menyakiti atau menyinggung perasaan.

Rencananya hari ini (Sabtu) dalam pertemuan di Brdo, Slovenia, UE akan mengeluarkan pernyataan bersama mengenai film Wilders tersebut. Diharapkan bisa dicapai sikap bulat di antara ke-27 negara anggota, demikian seperti dipantau detikcom dari pers Belanda kemarin.

Lebih lanjut Slovenia menggarisbawahi dasar-dasar hak kebebasan mengeluarkan pendapat di UE dan negara-negara anggotanya. Namun hak tersebut harus digunakan dalam semangat menghormati untuk keyakinan agama dan kepercayaan lainnya.

Toleransi timbal balik dan saling menghormati merupakan nilai-nilai universal yang harus tetap dijaga. Tindakan seperti dimaksud tidak punya tujuan lain selain membangkitkan kebencian. (detikcom)