SECUIL TENTANG BOIKOT

SECUIL TENTANG BOIKOT

Boikot produk-tertentu dengan motif mulia, yaitu mendukung rakyat Palestina, tak hanya bisa melemahkan perusahaan dan negeri jionis, namun bisa memengaruhi berbagai pihak, termasuk pekerja, pemasok, dan konsumen di luar perusahaan yang dituju.

Seraya tetap mendukung pelemahan jionisme internasional dari semua sektor, saya tak bisa menghapus secuil kecurigaan tentang persaingan antar para kapitalis global (A dan C) di balik info-info yang disertai anjuran boikot terhadap banyak perusahaan yang sebagiannya berada di Indonesia dan menyerap banyak naker lokal dari kalangan miskin.

Dilaporkan bahwa 200.000 naker terancam berhenti kerja sejak boikot diserukan. Dilaporkan pula sejumlah perusahaan internasional yang tak masuk list boikot mengalami peningkatan omset secara fantastik juga nilai sahamnya di bursa dunia melesat tajam. Di belahan bumi lain, fenomena ini tentu terjadi.

Entahlah! Saya hanya khawatir kita melawan kezaliman di satu sisi dan melakukannya di sisi lain. Semoga ditemukan jawaban yang logis atas pertanyaan ini.

Mungkin perlu dilakukan riset serius untuk memvalidasi info-info seputar identitas perusahaan dan produk yang diboikot. Perlu juga membuat parameter, definisi dan klasifikasi bentuk dan ukuran tindakan yang bisa dikategorikan sebagai dukungan untuk rezim jionis yang hari-hari ini makin biadab.

Read more