Skip to main content

Warga Malaysia Harus Berhenti Sebut WNI dengan ‘Indon’

By December 26, 20114 Comments

Selama ini istilah “Indon” kerap digunakan warga Malaysia, terlebih lagi media, untuk menyebut WNI. Namun kini, Wakil Ketua UMNO Pemuda Khairy Jamaluddin, menyerukan warga Malaysia untuk berhenti menyebut WNI dengan “Indon”.

 

Dikatakan Khairy, sebagian besar warga Malaysia tidak tahu kalau sebutan itu tidak dipakai di Indonesia. Warga Malaysia juga tidak sadar kalau masyarakat Indonesia tidak senang dengan pemakaian kata itu.

 

Demikian disampaikan Khairy dalam acara Dialog Malaysia-Indonesia (Malindo) 2008 di Kuala Lumpur seperti dilansir harian Malaysia, The Star, Jumat (11/1/2008).

 

Pejabat UMNO itu mengimbau masyarakat Malaysia untuk lebih peka akan perasaan WNI. “Media Malaysia hendaknya merintis hal tersebut dengan membuang istilah itu untuk mencegah timbulnya sakit hati,” kata Khairy.

 

Ditegaskan Khairy, istilah dan kata-kata yang bisa menimbulkan kemarahan atau melukai perasaan orang lain harus dihindari karena itu bisa digunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan kebencian. (detikcom/1/01/2008 14:45 WIB)