ANTARA AHOK DAN ANIES

Ahok dan Anies adalah dua sosok yang ditentang oleh pendukung salah satunya dan didukung oleh penentangnya salah satunya. Silakan mengkritik dan memuji keduanya atau salah satunya karena kinerjanya tanpa mengkaitkannya dengan status etnik dan agama.

Sejak awal saya hingga kini, mendukung dan mengagumi Ahok karena data tentang kinerjanya valid, hingga kini.Selain karena jujur, kompeten dan berani, dia layak menjadi pejabat publik karena mewakili minoritas. Masyarakat perlu belajar menerima fakta keragaman dan membebaskan diri diskriminasi sektarian dan rasial.

Jauh sebelum terpilih sebagai wagub, saya telah menulis buku khusus berjudul Pemimpin Non Muslim karena menentang politisasi agama dan intoleransi. Namun demi menghindari anggapan ikut berkampanye jelang pilgub, saya menolak saran beberapa teman untuk menerbitkannya lagi.

Tapi saya menentang kritik terhadap Anies dengan cemooh rasial atau sebutan apapun yang menghina penampilan fisikal atau apapun yang tak berkaitan dengan kinerjanya.

Bila mengecam para penentang Ahok karena kebencian rasial atau sektarian, penghinaan terhadap etnik dan keyakinannya, maka mestinya tak mengkritik Anies dengan cemooh rasial.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed