Budaya Bangsa dan Suku Bangsa

IPS ( Keragaman Suku bangsa dan budaya (Bahan Ajar Kelas 4 ...
 
Sebagian orang mengira cinta dan penghormatan kepada budaya sendiri harus diekspresikan dengan meremehkan dan menghina produk budaya lain.
 
Padahal penghargaan terhadap budaya lain justru merupakan cermin itu budaya.
 
Pengertian budaya dan kebudayaan pada hakikatnya adalah sama yaitu hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Dalam kajian Antropologi, budaya dianggap merupakan singkatan dari kebudayaan sehingga tidak ada perbedaan berdasarkan definisinya. Namun, berdasarkan penelusuran dari berbagai literatur ada beberapa pengertian budaya dan kebudayaan.
 
Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budia atau akal); diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi, dan akal manusia. Bentuk lain dari kata budaya adalah kultur yang berasal dari bahasa Inggris yaitu culture yang secara etimologi berasal dari kata Latin Colere, yang artinya mengolah atau mengerjakan.
 
Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai “kultur” dalam bahasa Indonesia yang memiliki arti sama dengan kebudayaan. Secara umum Kebudayaan dipahami sebagai hasil dari budaya yaitu hasil kegiatan dan penciptaan batin (akal budi) manusia seperti kepercayaan, kesenian, dan adat istiadat.
 
Ada dua kategori budaya, yaitu budaya bangsa yang berlaku secara nasional dalam negara dan budaya suku yang berlaku secara lokal dalam sebuah daerah dengan derivatnya, pulau, propinsi, kota dan desa.
 
Budaya Indonesia adalah seluruh kebudayaan nasional, kebudayaan lokal, maupun kebudayaan asal asing yang telah ada di Indonesia sebelum Indonesia merdeka pada tahun 1945. Budaya Indonesia tidak hanya mencakup budaya asli bumiputera, tetapi juga mencakup budaya-budaya pribumi yang mendapat pengaruh budaya Tionghoa, Arab, India, dan Eropa.
 
Bangsa adalah komunitas konvensial non natural yang terdiri atas ragam individu dari aneka suku yang yang diikat kontrak sosial dalam sebuah negara dengan sebuah asas. Atas itu, dalam konteks budaya bangsa, semua produk budaya di dalamnya adalah bagian dari budaya bangsa, baik yang dianggap lokal maupun non lokal. Semua makanan kue dan buah termasuk klepon dan korma, busana termasuk kebaya dan abaya, celana, sarung dan gamis yang telah dipakai oleh banyak orang Indonesia adalah bagian dari budaya Indonesia.
 
Sedangkan budaya suku atau daerah adalah Kebudayaan partikular yang tercermin dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat di seluruh daerah di Indonesia yang memiliki ciri khas kebudayaan yang berbeda.
 
Karena budaya adalah produk kreasi manusia, maka busana, bahasa, adat dan kuliner merupakan produk budaya, sedangkan manusia, hewan, tumbuhan termasuk buah bukanlah produk budaya. Itu artinya, setiap individu bangsa berkewajiban membangun kesadaran keberbangsaan bagi bangsa secara adil dan demokratis, bukan dengan saling mengunggulkan sebuah keyakinan, sebuah, suku dan sebuah daerah seraya merendahkan lainnya.
 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed