CURHAT SHALAT LAIL

CURHAT SHALAT LAIL

Merasa banyak dosa dan kurang pahala, juga punya banyak masalah? Jangan meminta bantuan dukun atau curhat di status. Tapi lakukanlah shalat lail alias tahajud.

Banyak cara shalat lail. Tapi yang termudah bagi pemula adalah sbb:

Shalatullail terdiri atas 11 rakaat dengan rincian sbb: a) 8 rakaat (dua rakaat-dua rakaat seperti shalat subuh) dengan niat shalatullail, b) 2 rakaat shalat syafa’, c) 1 rakaat shalat witir.

Pertama adalah shalat lail. Ia terdiri atas dua rakaat shalatullail yang diawali dengan niat dalam hati qurbatan ilallah.

Pada rakaat pertama membaca surat al-Fatihah (satu kali) dan surat al-Ikhlash (satu kali), lalu rukuk dan sujud seperti biasa. Pada rakaat kedua membaca surat al-Fatihah (satu kali) dan surat al-Ikhlash (satu kali), lalu qunut, rukuk, sujud, tasyahud, dan salam. Ini dilakukan empat kali.

Dianjurkan membaca doa qunut dengan format bebas pada rakaat kedua sebelum rukuk seperti shalat lainnya.

Shalat kedua adalah shalat syafa’. Ia terdiri atas dua rakaat yang diawali dengan niat dalam hati qurbatan ilallah.

Pada rakaat pertama membaca surat al-Fatihah (satu kali) dan surat al-Ikhlash (satu kali) ditambah surat an-Nas (satu kali), lalu rukuk dan sujud seperti biasa.
Pada rakaat kedua membaca surat al-Fatihah (satu kali) dan surat al-Ikhlash (satu kali) ditambah surat al-Falaq (satu kali), lalu qunut, rukuk, sujud, tasyahud, dan salam.

Ketiga adalah shalat witir. Ia hanya terdiri atas satu rakaat shalat witir yang diawali dengan niat daam hati qurbatan ilallah.

Pada rakaat pertama membaca surat al-Fatihah (satu kali) dan surat al-Ikhlash (tiga kali) ditambah surat al-falaq (satu kaki) dan surat an-Nas (satu kali), lalu qunut, rukuk, sujud, tasyahud, dan salam.

Baca juga:

URGENSI SHALAT TAHAJUD

“RENTAL” SHALAT DAN PUASA

News Feed