DUA BELAS

Banyak makna dan peristiwa penting yang dapat dikaitkan dengan jumlah 12, tidak hanya sistem kalender lunar. Nama-nama bulan dikenal dunia modern saat ini berasal dari kalender Gregorian. 12 Nama-nama bulan dalam bahasa Indonesia adalah Januari, Februari, Maret, April, Mei, Juni, Juli, Agustus, September, Oktober, November dan Desember.

Astrologi kuno Cina juga menetapkan 12 karakter zodiak yang 12 setiap shio memiliki makna dan filosofi yang berbeda. 12 shio secara berurutan adalah Rat, Ox, Tiger, Kelinci, Naga, Ular, Kuda, Domba, Monyet, Ayam, Anjing dan Babi.

Dalam kalender Islam (yang berlaku di negara-negara Arab dan sebagian besar negara Islam di Asia dan Afrika) juga dikenal dengan nama 12 bulan yang Muharram, Safar, Rabi al-Awwal, Rabi ‘Al-Thani, Jumadil Awal, Jumadil Akhir, Rajab, Shaban, Ramadhan, Syawal, Dhu al Qi’dah dan Dhul Hijjah.

Kalender Islam juga menganut hijaiyah solar (syamsiyah). Kalender ini digunakan di Iran dan beberapa negara berbasis budaya Persia seperti Azerbaijan, Afganistan, dan negara-negara Muslim eks Uni Sovyet juga suku Kurdi.

Penomoran tahun pada kalender ini dimulai pada tahun 622 M. Karena itu disebut juga kalender solar hijriah. 12 bulan ini bernama Farvardin, Ordibeshesht, Khordad, Tir, Mordad, Sharrivar, Mehr, Aban, Azar, Dey, Bahman dan Esfand.

Dalam tradisi Israel dikenal sebagai 12 suku Israel adalah: Ruben, Simeon, Lawi, Yehuda, Zebulon, Isakhar, Dan, Gad, Asyer, Naftali, Yusuf, Benyamin. 12 suku kemudian diaspora keluar tanah Kanaan.

Murid-murid utama Yesus juga berjumlah dikenal sebagai 12. Diyakini mereka bernama Petrus, Andreas, Yakobus Besar, Yakobus Kecil, Yohanes, Filipus, Bartolomeus, Matius, Thomas, Tadeus, Simon dan Yudas Iskariot. Dalam Islam istilah 12 teman Isa dikenal Hawariyun.

Musa juga memiliki 12 teman sejati dikenal sebagai Asbat.

Dalam keyakinan Islam Syiah, yang juga ditetapkan dalam literatur utama hadis Islam Sunni, jumlah manusia suci yang bertugas menjaga ajaran Nabi SAW berjumlah 12 dimulai dari Ali Bin Abi Thalib dan berakhir dengan imam ke-12 adalah al-Mahdi yang juga diyakini oleh mayoritas Muslim Sunni akan hadir untuk menegakkan keadilan dan menumpas kezaliman di jagad.

News Feed