INSIDEN PENEMBAKAN MASSAL OPM

Opm

Rakyat Indonesia sangat berduka atas jatuhnya banyak korban dari personil TNI dan sipil yang merupakan para pekerja bangunan akibat penyerangan bersenjata oleh gerombolan separatis OPM. Semoga arwah para korban wafat diterima dirahnati Tuhan dan korban luka segera sembuh.

Aksi penembakan massal ini adalah tindakan biadab karena dilakukan terhadap para warga sipil yang tak bersenjata dan bukan bagian dari aparat keamanan. Karena itu, pengusutan kasus ini dan pengejaran terhadap para pelakunya, demi penegakan hukum dan pemulihan rasa aman warga, harus dilakukan.

Meski demikian, Pemerintah terutama aparat keamanan harus menggandakan kesabaran. Menumpas gerakan separatis adalah mudah bagi Indonesia, tapi banyak negara terutama Australia akan teriak “HAM” dan menyulitkan posisi Indonesia bila itu dilakukan tanpa perhitungan matang. Diperlukan sikap bijak, kehati-hatian, dan kesabaran memelihara Papua yang cukup lama dianaktirikan.

Mari kita dukung upaya Pemerintah mengambil hati warga Papua seraya dengan pembangunan infrastruktur, penyediaan sarana publik dan lapangan kerja, pemberian hak menikmati keuntungan dari investasi di Papua dalam prosentase yang proporsional, memberikan hak penyelenggaran pemprov dengan otonomi sesuai karakteristik masyarakat, menjamin kebebasan beragama dan lainnya sembari tetap menegakkan kedaulatan dan hukum.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed