KONFLIK AZERBAIJAN – ARMENIA

Seseorang bertanya, manakah yang saya dukung antara Armenia yang mayoritasnya Kristen dan Azerbaijan yang mayoritasnya Muslim Syiah?

Saya katakan, sebelum menjawabnya, ada beberapa hal yang perlu diketahui sebagai berikut:

  1. Azerbaijan dan Armenia dalam konteks konflik ini adalah dua rezim atau Pemerintah bukan rakyat Azerbaijan dan bukan Armenia.
  2. Azerbaijan dan Arnenia sebagai dua negara tidak bisa dikaitkan dan dipredikasi dengan keyakinan berupa agama maupun mazhab, karena manusialah penganutnya, bukan negara.
  3. Apa yang terjadi adalah konfllik antar dua institusi negara yang membuat keputusan yang dipandang oleh pihak lain sebagai merugikan dan bertentangan dengan kepentingan masing-masing.
  4. Elit politik yang berkuasa di Azerbajian memilih sikap negatif terhadap Iran, sebuah negara yang sebenarnya secara kultural dan historis merupakan bagian dari Persia Raya. Sedangkan Pemerintah Armenia membangun hubungan baik dengan Iran atas dasar prinsip saling menghormati.
  5. Pemerintah Azerbaijan saat ini menjalin hubungan diplomatik dan ekonomi serta militer dengan rezim perampas Palestina yang merupakan virus berbahaya bagi umat Islam dan umat manusia penentang penjajahan. Bahkan kedua rezim telah terbukti bekerjasama dalam merongrong dan memasok para agen perusak stabilitas dalam Iran.

Karena itu, saya dukung Armenia.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed