“RELIJIUSITAS KOSMETIS”

Pamrih atau riya’ adalah kepuraan-puraan berbuat baik demi keuntungan di baliknya atau modus menjadikan objek kebaikan atau pihak yang mendapatkan perlakuan baik sebagai sarana meraih keuntungan yang mestinya tidak menjadi tujuannya. Karena itu riya’ hanya berlaku pada perbuatan baik atau yang dianggap berguna. Dengan kata lain, pamrih bisa dianggap sebagai penipuan terselubung.

Secara umum, menurut teks-teks agama, riya’ atau pamrih adalah penyakit psikologis yang bersumber dari penolakan terhadap Tuhan sebagai Sang Pemilik Tunggal. Ia adalah ekspresi penolakan terhadap keesaan Allah sebagai Tujuan Utama di balik setiap amal kebajikan. Rasulullah saw pernah bersabda, “’Takutlah kamu kepada syirik kecil.”’ Para sahabat bertanya, ”Wahai Rasulullah, apa syirik kecil itu?”’ Beliau menjawab, “Itulah riya’ (pamrih)”. Ia melanjutkan, “Kelak di hari pembalasan, Allah berkata kepada orang-orang pamrih, ‘pergilah kalian kepada orang-orang yang menjadi penonton pameran amal kebajikan kalian di dunia. Lihatlah apakah kalian memperoleh imbalan pahala dari mereka’?”

Ada dua sumber tendensi pamrih di balik perbuatan baik yang berdimensi ritual maupun sosial, yaitu takut dan cinta diri.

Tendensi pertama riya’ adalah rasa takut kepada selain Allah. Seseorang yang nyawa, harta, atau keamanannya terusik, akan berbuat baik demi mengendurkan kebencian orang terhadap dirinya atau menghilangkan kecemburuan sosial yang dapat mengganggu dirinya. Perbuatan baik demikian hanya mendatangkan manfaat duniawi, yaitu keamanan sosial. Menyumbang panti asuhan yang dilakukan oleh seorang koruptor bisa masuk dalam kategori riya’ dengan tendensi takut tadi.

Tendensi kedua riya’ adalah cinta diri. Hati siapa pun pasti akan merasa terusik dan tak nyaman (tentu selama ia tidak mengalami disfungsi psikologis) ketika melihat seorang perempuan tua peminta-minta menggendong bayi seraya mengulurkan tangan di perempatan jalan. Ada yang refleks berusaha (menenteramkan hatinya dengan) memberikan sedikit uang (meski, biasanya, dipilih jumlah terkecil) sehingga pemandangan tak sedap itu segera tersenyum, dan ia bisa pulang ke rumah tanpa membawa perasaan bersalah. Ada yang spontan berusaha menghindarinya sambil berharap lampu merah segera berganti hijau agar pemandangan yang mengiris sukmanya itu segera lenyap.

Alasan kemanusiaan semata di balik perbuatan bajik pun bisa dianggap sebagai tendensi cinta diri. Dengan dasar ini, para relawan yang membantu sesama manusia, bila tidak menjadikan Tuhan sebagai tujuan utama, bisa dianggap sebagai orang-orang yang cinta diri, bahkan menuhankan dirinya. Karena itulah, agama menganggapnya sebagai prilaku politeistik, atau syirik sebutannya.

Selain cinta diri, riya’ juga dibangun di atas cinta akan tahta dan kekuasaan. Fenomena riya’ demi kekuasaan ini mudah ditemukan terutama jelang pemilu.. “Dan Kami hadapi segala amal yang mereka kerjakan, lalu Kami jadikan amal itu (bagaikan) debu yang beterbangan.” (QS. Al-Furqan: 23).

Pandangan dunia ketuhanan dan kebangkitan, yang melahirkan cinta kepada Allah, harus selalu dijadikan sebagai dasar perbuatan baik. Dengan dasar ketuhanan ini, pelaku kebaikan tidak akan menanti balasan jasa atau imbalan apa pun dari pihak yang menerima bantuan.

Allah memperingatkan kita untuk tidak menyia-nyiakan nilai perbuatan baik kita, terutama saat membantu orang lain yang mengalami musibah, dengan memamerkan jasa baik, mengintimidasi, atau memeras. Gila pujian dan gemar sanjungan juga merupakan salah satu bentuk cinta dan penuhanan diri. Allah berfirman, “Janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya’ kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian. Maka, perumpamaan orang itu seperti batu licin yang di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, lalu menjadilah dia bersih (tidak bertanah). Mereka tidak menguasai sesuatu pun dari apa yang mereka usahakan; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir.” (QS. al-Baqarah: 264).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed