Saran Baik

Sebagian orang menyarankan orang lain melakukan tindakan yang baik karena mengira bahwa setiap tindakan baik yang tak diketahuinya telah dilakukan berarti tak atau belum dilakukan, padahal mungkin telah dilakukan sebelum disarakan meski tak diketahuinya, bahkan lebih.

Hanya karena tak mengetahui telah dilakukan oleh seseorang tak berarti tak dilakukan. Hanya karena mengetahui bahwa perbuatan itu baik tak berarti tak ada yang melakukannya. Hanya karena mengetahui bahwa perbuatan baik itu bisa dilakukan kapan saja tanpa memperhatikan variable waktu dan konteks lainnya. Hanya karena mengetahui bahwa perbuatan yang disarankannya adalah sesuatu yang baik tak berarti dia telah melakukannya. Hanya karena mengetahui bahwa seseorang telah melakukannya tak berarti orang lain yang diberinya saran tak atau belum melakukannya. Hanya karena merasa telah melakukan perbuatan baik itu tak berarti orang lain tak atau belum melakukannya.

Saran terbaik kepada siapapun untuk melakukan perbuatan baik adalah melakukanmya sendiri secara konsisten. Sebagian saran kepada seseorang bersumber dari ketidaktahuan tentang orang yang diberinya saran.

Komentar

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed