VIRUS ANTARA KEBAIKAN DAN KEBURUKAN

Bencana alam seperti gempa, banjir dan wabah selalu dibincangkan dan diperdebatkan. Itulah yang dianggap sebagai bencana dan peristiwa buruk.

Baik dan buruk adalah isu penting dalam kehidupan manusia, namun tidak mudah mengenali maknanya, kategori-kategori dan terapan faktualnya masing-masing.

Kebaikan dalam ontologi adalah sifat bagi realitas yang ada pada dirinya. Sedangkan keburukan adalah sifat sesuatu yang tiada pada dirinya.

Kebaikan dalam kosmologi adalah sifat bagi entitas-entitas kosmik yang mengakibatkan kemaslahan bagi dirinya dalam situasi yang diikat oleh kausalitas. Sedangkan keburukan adalah dalam kosmolog adalah sifat bagi
entitas-entitas kosmik yang mengakibatkan kemadaratan bagi selain dirinya dalam situasi yang diikat oleh kausalitas.

Kebaikan dalam teologi adalah sitat bagi ciptaan-ciptaan yang patuh. Sedangkan keburukan adalah sifat bagi ciptaan-ciptaan yang ingkar.

Kebaikan aksiologi adalah sifat bagi tindakan perbuatan yang memuliakan pelakunya. Sedangkan keburukan adalah sifat bagi tindakan perbuatan yang menghinakan pelakunya.

Keburukan dalam aksiologi atau etika diungkap dengan aneka kata seperti kezaliman, kejahatan dan semaknanya.

Bisa cobra, misalnya, adalah entitas semi biologis yang berbahaya bagi kehidupan dan kesehatan manusia karena bisa mengakibatkan rasa sakit, kerusakan organ dan mungkin kematian orang yang tergigit atau terkena semburan toksin dari taringnya. Tapi orang yang berada di tempat yang tak terjangkaunya tak merisaukannya dan tak merasa perlu menghindarinya.

Bisa cobra bukanlah sesuatu yang buruk pada dirinya karena tak berbahaya bagi cobra dan bagi makhluk yang tak terjangkau oleh gigitan dan semburan taringnya. Ia buruk bagi yang terkena gigitannya dan semburan bisanya. Secara ontologis, bisa dan cobra adalah realitas dan eksisten yang ada pada dirinya. Secara kosmologis bisa adalah baik bagi cobra dan buruk bagi selain cobra.

Virus corona pun demikian. Ia adalah entitas baik pada dirinya dan buruk bagi entitas lain yang memindahkannya karena ketidaktahuan atau keterpaksaan atau karena kecerobohan ke dalam tubuhnya dan membuatnya mengalami disfungsi organ vital bila tak punya pertahanan dan imunitas.

Bisa cobro dan virus corona adalah sesuatu yang membahayakan nyawa dan kesehatan bagi manusia yang tak menghindarinya. Stay home!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed